-->

Header Menu

HARIAN 60 MENIT | BAROMETER JAWA BARAT
Cari Berita

60Menit.co.id

Advertisement


Apa Yang Kita Lakukan Ketika Banjir

60menit.com
Rabu, 01 Januari 2020

60Menit.com - Sihar Pandapotan Sitinjak (Kepala Bidang Kebencanaan Diskar PB Kota Bandung), Bandung Menjawab, Rabu (1/01/2020)
60MENIT.COM, Bandung ☐ Rabu (1/01/2020) Puncak musim hujan tahun ini diprediksi terjadi pada Bulan Februari hingga Bulan Maret mendatang. Maka saat puncaknya, intensitas hujan semakin tinggi, tak hanya antisipasi mencegah hujan, warga juga harus sigap jika terjadi banjir.


Dinas Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (Diskar PB) Kota Bandung memberikan sejumlah tip agar warga terhindari dari bahaya banjir.

1. Mencari informasi tentang cuaca atau perkembangan banjir. Usahakan memperoleh informasi dari saluran resmi untuk menghindari hoaks.
2. Segera melaporkan kepada petugas tentang situasi di sekitar anda apabila dalam keadaan darurat.
3. Jangan melintasi genangan banjir. Usahakan untuk menghindarinya.
4. Pindahkan barang-barang penting dan berharga ke tempat yang lebih tinggi.
5. Matikan listrik di saat air semakin meninggi.
6. Dahulukan tindakan penyelamatan terhadap anak dan orang tua.

Kepala Bidang Kebencanaan Diskar PB Kota Bandung (Sihar Pandapotan Sitinjak) mengatakan, bagi warga yang kebingungan melaporkan saat terjadi banjir bisa menghubungi Diskar PB melalui sambungan telepon 022 (kode Kota Bandung) diiikuti nomor 113. Nantinya, Diskar PB yang akan berkoordinasi baik dengan Dinas Pekerjaan Umum, Dinas Sosial ataupun Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lainnya.

“Ya karena memang kalau bencana ada di kita, jadi lebih mudah hubungi ke 022-113. Biar kita yang mengontak mengoordinasikannya ke pihak terkait. Apalagi nomor itu mudah diingat,” ucap Sihar, Rabu (1/1/2019).

Sihar tidak memungkiri sejumlah titik terpantau berpotensi terjadi banjir mengingat curah hujan yang melanda saat ini cukup tinggi, sehingga pihaknya mewaspadai beberapa lokasi yang dekat dengan aliran sungai terhadap luapan air.

Untuk itu, Diskar PB juga meminta masyarakat juga turut waspada mengawasi pergerakan air.

“Kalau kita kan dari apa yang sudah terjadi dan melihat potensi sampai saat ini tidak bertambah, masih di sekitaran Pasteur, Pagarsih, Gedebage, Cikadut dan kita antisipasi turunannya sampai ke Antapani dan Arcamanik,” katanya. 

(**)