-->

Header Menu

HARIAN 60 MENIT | BAROMETER JAWA BARAT
Cari Berita

60Menit.co.id

Advertisement


Dishut Jabar Gencarkan Tanam Pohon, Kini Dihulu DAS Citarum

60menit.com
Kamis, 13 Februari 2020

60Menit.com - DINAS KEHUTANAN JABAR BERSAMA KOMISI II DPRD JABAR TANAM POHON DI HULU DAS CITARUM
Dishut Jabar Gencarkan Tanam Pohon, Kini Dihulu DAS Citarum
bersama Komisi II DPRD Provinsi

60MENIT.COM, Kab.Bandung ☐ Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Barat, Ir. Epi Mustiawan, M.P. membuktikan keseriusannya untuk membenahi lahan kritis, dengan melakukan penghijauan.

Saat ini Dishut Jabar kolaborasi dengan Komisi II SPRD Jabar, melaksanakan penanaman pohon di hulu DAS Citarum, tepatnya di Desa Sugih Mukti Kecamatan Pasir Jambu, Kabupaten Bandung, Selasa (11/02/2020)

Penanaman ini di lakukan untuk menghijaukan Kembali ke lahan kritis, pada kesempatan kali ini ditanam hingga 2000 bibit tanaman yang terdiri dari beberapa jenis pohonan dan buah, serta penyerahan sepuluh ribu jenis TRIGONA atau yang lebih dikenal di masyarakat Jawa Barat seperti jenis lebah Teuweul.

Lahan kritis di Hulu DAS Citarum saat ini mencapai 77.037,36 Ha, di Daerah hutan seluas 15.355,64 Ha dan diluar kawasan hutan seluas 61.681,72 Ha.

Untuk mengurangi lahan kritis di luar kawasan hutan Dinas Kehutanan Jawa Barat bersama Komisi II DPRD Jawa Barat yang diwakili oleh tiga srikandinya yaitu bu Dra Hj Lina Ruslinawati, Dra Hj Tia Fittiani dan Hj Sari Sundari S.SoS, bersama dengan Dasep Anggota DPRD Kabupaten Bandung

Dalam samburannya, Kepala Dinas Kehutanan Jawa Barat (Ir. Epi kustiawan, M.P.) Mengatakan, ”saya senang sekali dan senang melihat begitu antusiasnya warga Kecamatan Jambu terhadap pelestarian alam sangat besar, terbukti dalam acara ini dihadiri oleh 10 kepala Desa yang ada di Kecamatan Pasir Jambu, hadir juga Karang Taruna, Koramil, Polsek, Perhutani dan tokoh masyarakat lokal Eyang Memet, ” ucapnya. 

Sementara itu, Tia yang mewakili rekan rekannya dari DPRD Provinsi Jabar, termasuk komisi II, DPRD terus mendorong penanaman pohon di Jawa Barat sebagai upaya untuk menyelamatkan alam, meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan pengembangannya,

"ini sebagai wujud kerjasama antara legislatif dengan Eksekutif seperti yang di bahas pada acara KOPDAR antara Gubernur Jawa Barat dengan seluruh Pimpinan DPRD Jabar, ” kata Tia. 

(Zho)