-->

Header Menu

HARIAN 60 MENIT | BAROMETER JAWA BARAT
Cari Berita

60Menit.co.id

Advertisement


Dansektor 22, Sosialisasikan Citarum Ketika Hadiri Ultah PMCB

60menit.com
Minggu, 23 Februari 2020

60Menit.com - Dansektor 22 Citarum Harum (Kol. Inf. Asep Rahman Taufik) menanam pohon di Kel. Cisaranten Binaharapan, Arcamanik, Minggu (23/02/2020)

60MENIT.COM, Bandung ☐ Komandan sektor 22 citarum harum (Kol. Inf. Asep Rahman Taufik) menghadiri Ulang Tahun Paguyuban Masyarakat Cinta Bandung (PMCB) ke-10 di wilayah perbatasan sub 10 Kel. Cisaranten Binaharapan Arcamanik dan Kel. Cisaranten Wetan Cinambo. Minggu (23/02/2020).

Ulang Tahun PMCB mengusung tema "Kita Tingkatkan Kepedulian Terhadap Sesama dan Lingkungan" dengan isian penanaman pohon diwilayah setempat, ini sebagai bukti pendukungan dari PMCB pada Program Citarum Harum untuk melestarikan lingkungan yang hijau, bersih dan subur. Sehingga pendorongan kelestarian sungaipun bisa terjamin

240 pohon terdiri dari (pohon nangka, pohon kelengkeng, pohon jambu dan pohon sirsak) ditanam di bantaran Sungai Cijalupang dan tanah milik Puslitbang Jalan dan Jembatan (Pusjatan) yang di kelola oleh PMCB di wilayah perbatasan antara Rw 10 Cisaranten Binaharapan (Arcamanik) dan wilayah Rw 01 Cisaranten Wetan (Cinambo).

60Menit.com

Pada kesempatan itu Dansektor 22 menyampaikan pidatonya, membahas tentang tujuan program citarum harum, yang bisa diimplementasikan dilapangan dengan garapan program unggulan Pemkot Bandung, yaitu Kang Pisman dan Bebas ODF 100% di Tahun 2020.

Pentingnya kebersihan sungai, dari kotoran sampah domestik, limbah tinja dan kimia, untuk pencapaian ODF 100% di Kota Bandung, sehingga bisa menggiring pada tarap kehidupan masyarakat yang sehat dan cerdas bebas dari stunting, yang bermuara pada tujuan Perpres No.15 Th. 2018 bisa tercapai.

"Hanya dua perkara prilaku utama masyarakat yang perlu perubahan, yaitu berhenti membuang samapahnya ke sungai dan memiliki seftick tank di rumahnya, maka tujuan ODF 100% Pemkot Bandung akan segera tercapai" tutur Dansektor 22.

Pelestarian kebersihan sungai sangat butuh lingkungan yang hijau dan subur setelah prilaku masyarakat berubah untuk mengolah sampahnya dengan benar.

Satgas Sektor 22 citarum harum, menggelorakan LOSEDA (lodong sampah sesa dapur) sebagai tindakan meminimalisir sampah organik, karena masyarakat Kota Bandung memroduksi sampah yang berlebihan tiap harinya disebabkan jumlah penduduk yang kian bertambah.

"Dengan loseda, sampah organik bisa diurai ditempat, maka masalah sampah bisa tuntas ditempat, dan kesuburan tanahpun akan terjamin" ucap Dansektor.

60Menit.com

Dansektor 22 pun menghimbau kepada masyarakat, supaya berhenti membuang sampahnya ke sungai, bahkan ia menyebutnya ada 4 julukan bagi orang yang suka membuang sampah ke sungai, yaitu: euweuh ka èra (tidak punya rasa malu), teu bijaksana (jiwa yang tidak bijak), gedè dosana (banyak dosanya) dan teu dicalana (layaknya orang gila). 

Hadir pada giat tersebut, Kapolsek Arcamanik, Danramil arcamanik, Camat Arcamanik, Ketua PMCB, Siswa paud PMCB beserta orang tuanya, Dansub 10 dengan Dansub 11 Citarum Harum, beserta satgas baraya sub 10 dengan baraya sub 11.

(Zho)