-->

Header Menu

HARIAN 60 MENIT | BAROMETER JAWA BARAT
Cari Berita

60Menit.co.id

Advertisement


Satgas Sub 06-22 (Pelda Mulyanto) Masif Jalani Tugasnya

60menit.com
Jumat, 21 Februari 2020

60Menit.com - Pelda Mulyanto, pimpin anggota satgas Sub 06-22, pada pembersihan Anak Sungai Cipenya, Cigondewah Rahayu, Jumat (21/02/2020)

60MENIT.COM, Bandung ☐ Pembersihan sungai dari kotoran sampah dan sedimentasi, operasi sungai dan sosialisasi kepada masyarakat tentang kebersihan lingkungan dan sungai, masif dilakukan Satgas Sub 06 sektor 22 Citarum Harum, diwilayah kerjanya tiap hari dilakukan.

Satgas Sub 06-22 yang dipimpin oleh Pelda Mulyanto, melaksanakan pembersihan Anak Sungai Cipenya, yang berlokasi di Rw. 05 Cigondewah Rahayu, Kecamatan Bandungkulon, Jumat (21/02/2020).

Pembersihan sungai masif dilakukan tiap hari, oleh sub 06-22 sebagai kegiatan rutin satgas dari wilayah satu berpindah kewilayah lainnya, dikarenakan panjang dan banyaknya sungai diperlukan pemeliharaan.

60Menit.com - Anak Sungai Cipenya setelah dibersihkan.

Selain menindak karya bakti pembersihan, masyarakatpun perlu mengetahui program citarum harum dan tindakannya, maka dari itu satgas selalu mensosialisasikannya kepada masyarakat, peserta didik di tiap sekolah dan tingkatannya juga kepada instansi swasta dan pabrik.

Pelda Mulyanto, mengatakan, "Setelah Apel Pagi pada jam 07.15 kami melangsungkan dengan karya bakti pembersihan Anak Sungai Cipenya wilayah Rt 05 Rw 03 Kelurahan Cigondewah Rahayu Kecamatan  Bandung kulon," ucapnya.

Pembersihan ini include dengan pengangkatan sampah, pembabadan rumput dan pengangkatan sedimentasi, bila dibiarkan hal ini akan mengganggu pada lajunya aliran air sungai, sehingga mudah mengakibatkan banjir, sedangkan saat ini musim hujan dan seringnya dengan intensitas tinggi.

"Hasil sampah yang terangkut dilokasi ini hingga 35 karung sekitar berat 200 kg, kemudian kami buang ke TPS Cigondewah Rahayu" terang Mulyanto.

Lokasi karya bakti pembersihan, ditentukan oleh hasil patroli sungai dan survay satgas, bersamaan dengan melakukan Komunikasi Sosial kepada masyarakat mensosialisasikan tentang program citarum harum yang sama konsepnya dengan program Kota Bandung, yaitu Program Kang Pisman dan Bandung Bebas ODF di Tahun 2020

Komsos: Sosialisasi door to door

Operasi sungai disini meliputi juga pengontrolan pada keluaran limbah pabrik, yaitu di Sungai Cikeueus (Kec. Bacip) tempat keluaran limbah Pt. Kharisma Printing dan di Sungai Cikendal (Kec. Bandung Kulon) tempat keluaran Limbah Pt. GAP, juga pengontrolan jaring di wilayah caringin dan gempolsari sekaligus patroli Sungai Cilimus di margasuka.

"Pengontrolan limbah pabrikpun dengan kontinyu dijadwal tiap hari dilakukan, soalnya ditakutkan ada bocor limbah tanpa olah Ipal terbuang, inipun harus kami ketahui pula" tegas Mulyanto.

"Pada pukul 13.00 wib kami melaksanakan komsos sosialisasi kepada masyarakat yang ada di bantaran anak sungai cipenya di Rt. 04 Rw 05 Cigondewah Kidul" tutup Mulyanto. 

(Zho)
                    Vidio terkait