Header Menu

HARIAN 60 MENIT | BAROMETER JAWA BARAT
Cari Berita

60Menit.co.id

Advertisement


Kala'tiku-Tangke Rombe Dipastikan Paslon Pilkada Torut 2020

Sabtu, 15 Februari 2020
Loading...

60Menit.com - Kala'tiku-Tangke (kiri) Tangke Rombe (Kanan) 


60MENIT.COM, Makasar ☐ Konstalasi politik menjelang Pemilihan Bupati Toraja Utara 2020 kian intens. Nama-nama Bakal Calon Bupati yang akan tampil meramaikan kontastasi politik makin mengerucut. Demikian pula sejumlah parpol pengusung, mulai mengeluarkan rekomendasi bagi bakal calon serta pasangan masing-masing.

Sebut misalnya, Wabup Torut Yosia Rinto Kadang-Yonathan Pasodung. Paslon ini diusung Partai Nasdem dengan dukungan parpol lain.

Konon, Mantan Bupati Torut Frederik Batti Sorring (FBS) juga tidak ketinggalan. Menurut sumber di internal parpol berlambang pohon beringin, FBS akan berpasangan dengan Frederik Victor Palimbong (FVP) alias Dedy Palimbong, Ketua DPD II Partai Golkar Toraja Utara.

Ini berarti Paslon tersebut akan diusung Partai Golkar dengan dukungan parpol lain agar memenuhi syarat.

Balon lain adalah kandidat incumbent, Kala'tiku Paembonan (KTP). Bupati Torut ini dipastikan akan berpasangan dengan Petrus Tangke Rombe (PTR). Paslon ini besar kemungkinan akan diusung parpol koalisi, PDI Perjuangan dan Partai Hanura.

Berikut, yang belum jelas parpol dan partner-nya adalah Yohanis Bassang. Padahal, dari awal bursa calon, nama ini sudah memanas dan populer di kalangan masyarakat Torut.

Namun, ada sumber menyebut, Yohanis Bassang yang akrab disapa OmBas ini diprediksi akan berpasangan dengan SMB (Sindra Maraya Bangri). Sayang, parpol pengusung dan pendukung paslon ini belum ditahu jelas.

"Saya juga heran, dari awal kan pihak OmBas pernah mengklaim didukung tiga partai besar. Tapi sampai sekarang tidak jelas. Ternyata beberapa parpol besar sudah ada yang memberi rekomendasi ke calon atau paslon lain. Terus OmBasnya gimana," ujar Topan, seorang warga Toraja, kepada awak media, di Makassar, Sabtu pagi (15/2).

Warga ini memprediksi, akan ada 4 (empat) paslon yang berlaga di Pilkada Torut mendatang. Namun dari ke-4nya, jika FBS jadi maju, katanya, dua paslon yakni KTP-PTR dan FBS-FVP, diramalkan akan bersaing ketat meninggalkan dua paslon lain.

(Anto)