Header Menu

HARIAN 60 MENIT | BAROMETER JAWA BARAT
Cari Berita

60Menit.co.id

Advertisement


Perangkat Desa Harus Berbekal Nilai-nilai Kebangsaan

Selasa, 11 Februari 2020
Loading...

60Menit.com - Eni Sumarni, bersama Persatuan Perangkat Desa Indonesia (PPDI)

60MENIT.COM, Bandung ☐ Eni Sumarni, ajak Persatuan Perangkat Desa Indonesia (PPDI) kembali kepada dasar-dasar kebangsaan yang sudah menjadi konsensus bersama yaitu, Pancasila, UUD 1945, Bhinneka Tunggal Ika dan NKRI. Acara dihadiri seluruh pengurus PPDI Kabupaten Sumedang. 10/2/20

Eni, memaparkan pentingnya nilai pancasila dalam melakukan pengabdian kepada masyarakat baik perangkat desa ataupun aparatur sipil negara, karena pancasila harus menjadi dasar dalam berpikir dan bertindak untuk memberikan pelayanaan terbaik bagi warga masyarakat.

Lanjut Eni, Pancasila mengnadung nilai moralitas dan sosial politik. Dimana kita harus mampu mengejawantahkan seluruh nilai didalamnya, dari mulai ke Tuhanan sampai dengan menciptakan keadilan sosial bagi warga bangsa, semua itu sudah tercantum dalam landasan ideologi negara kita. 

Konsep membangun negara dari desa harus mampu tercapai, dimana perangkat desa  sebagai ujung tombak perubahan dimulai dari pelayanan publik yang memadai dan smart. Kemudian nilai ketaatan terhadap konstitusi juga harus ditingkatkan dimana negara kita adalah negara hukum berdasar pada konstitusi, kemudian harus mampu merawat kebinnekaan di pedesaan karena saat ini kebinnekaan menjadi barang mahal maka mulailah dari desa, begitupun dengan KNRI jangan sampai nilai nasionlisme luntur karena akan mrnjadi ancaman jika nasionalisme sudah memudar rawat dan jaga wilayah teritorial dimulai dari desa. 

Terakhir saya sampaikan, semoga program desa mampu menjawab semua persoalan bangsa ini dengan catatan semuanya harus berdasar pada landasan ideologi negara tanpa tawar menawar. Kepala desa dan seluruh perangkatnya harus mampu membumikan pancasila dimanapun berada.

(way)