Header Menu

HARIAN 60 MENIT | BAROMETER JAWA BARAT
Cari Berita

60Menit.co.id

Advertisement


Dansektor 22 Citarum Harum, Patroli Memelihara Hasil Tanamnya

Kamis, 26 Maret 2020
Loading...

60menit.com - Kol. Inf. Asep. Rahman Taufik, (Dansektor 22 Citarum Harum) ketika patroli pengecekan ke hasil tanam beberapa waktu ke belakang, Cisurupan, Kamis (26/03/2020)

60MENIT.COM, Bandung ☐ Penanaman pohon oleh sektor 22 Citarum Harum, masif dilakukan setelah terpelajari sejak adanya program citarum harum di area kerjanya ada 7 permasalahan yang harus diselesaikan yang berhubungan dengan suksesi Sungai Citarum kembali harum.

Salahsatu dari 7 permasalahan tersebut, yaitu kritisnya lahan di Kawasan Bandung Utara (KBU), hingga mencuat ke semua opsi bahwa kritisnya KBU sebagai penyebab bencana di Cekungan Bandung.

Gerakan penanaman pohon yang diprogramkan oleh Komandan Sektor 22 Citarum Harum (Kol. Inf. Asep Rahman Taufik) terlihat serius dengan adanya pembentukan Sub Bidang Pembibitan (Sub 15 sektor 22) hingga membibitkan puluhan ribu pohon disemai, sampai dua tahun ini habis ditanam di KBU saja sebanyak 30.000 pohon.

60menit.com

Upaya keras Dansektor 22 Citarum Harum dalam menghijaukan lahan kritis, melakukan pemantauan dan pemeliharaan pasca tanam, supaya bibit pohon tidak mengalami gagal tumbuh.

Dikatakannya, "Pengecekan pohon yang ditanam bulan Oktober 2019 di Cisurupan, saat ditanam kondisi bibit tingginya 100 s/d 120 Cm, sekarang sudah ada yang mencapai ketinghian 4 meter, Alhamdulillah tumbuh subur", ujar Dansektor 22.

Faktor mulusnya pertumbuhan dilahan ini, merupakan barometer dari hasil tanam di kawasan lainnya, karena di Cisurupan merupakan lahan milik pemerintah Kota Bandung, sedangkan Dansektor 22 lebih banyak menanam di lahan kritis milik perorangan yang ditanami sayuran oleh pemiliknya, sehingga harus berkomitmen satu pemahaman dalam melakukan penghijauan lahannya, seperti di KBU Cimenyan. 

60menit.com

"Mudah mudahan hasil tanam di KBU Cimenyan juga bisa tumbuh subur seperti yang ditanam di Cisurupan, Insha Alloh bakal tumbuh, soalnya saya sudah berkomitmen dengan pemilik dan penggarap di KBU, bahkan pohon yang ditanampun sesuai dengan permintaan mereka, via Sosialisasi yang dilakukan Satgas bersama warga pemilik" jelas Dansektor 22.

Hasil tanam yang dilakukan Dansektor 22, semuanya diawasi oleh anggota satgasnya, walaupun sudah ada komitmen dengan warga pemilik lahan, bahkan bukan jumlah yang sedikit, di KBU sejak awal tahun 2020 sampai saat ini (akhir maret 2020) sudah mencapai 30.000 pohon yang ditanam.

(Zho)