-->

Header Menu

HARIAN 60 MENIT | BAROMETER JAWA BARAT
Cari Berita

60Menit.co.id

Advertisement


Toraja Turut Berduka Meninggalnya Ibunda Presiden Jokowi

60menit.com
Kamis, 26 Maret 2020

60menit.com - Sujiatmi Notomiharjo (Almh) pernah mengunjungi Negeri Di atas Awan Lolai.

60MENIT.COM, MAKASSAR ☐ Ibunda Presiden Joko Widodo yang pernah mengunjungi Negeri Di atas Awan Lolai, Kapala Pitu, Kabupaten Toraja Utara, 26 Agustus 2016 lalu, kini telah tiada.

Sujiatmi Notomiharjo itu meninggal dunia dalam usia 77 tahun di RST Slamet Riyadi Solo, Rabu (25/3), pukul 16.45 WIB. Almarhumah meninggal akibat penyakit Kanker yang diderita selama empat tahun. 

Terkait ini, Presiden Jokowi menggelar jumpa pers di rumah duka Jalan Pleret Raya No 9 A Kelurahan Sumber, Kecamatan Banjarsari, Solo, Jawa Tengah, malam tadi (Rabu).

"Tadi sore pukul 16.45 WIB berpulang kehadirat Allah SWT ibunda kami, Bu Sujiatmi Notomiharjo, yang kita tahu bahwa ibu sudah empat tahun menderita sakit, yaitu kanker," kata Jokowi.

Sebelum dirawat di RST Slamet Riyadi Solo, Sujiatmi pernah dirawat di RSPAD Gatot Subroto.

"Kita semuanya sudah berusaha, berikhtiar, berobat utamanya di RSPAD Gatot Subroto tapi memang Allah sudah menghendaki," timpal Jokowi.

"Atas nama keluarga besar saya ingin memohonkan doa agar segala dosa-dosanya diampuni Allah SWT dan khusnul khotimah," ucapnya. 

Bupati Toraja Utara Kala'tiku Paembonan kepada media ini, melalui sambungan telepon selulernya, atas nama seluruh masyarakat Toraja Utara dan pribadi, mengucapkan turut berdukacita yang amat dalam. "Kita semua kehilangan atas meninggalnya Ibunda Presiden Jokowi. Semoga Bapak Presiden sekeluarga, dan seluruh keluarga besar khususnya anak-anak dan cucu-cucu Almarhumah senantiasa diberi penghiburan sejati dan kekuatan dari Tuhan. Kita amini itu," ujar Kala'tiku.

Warga masyarakat Toraja sendiri, khususnya di Toraja Utara, tetap mengenang Sujiatmi. Ini lantaran almarhumah pernah datang ke Toraja. 

Diketahui, selama di 'Bumi Pongtiku' saat kunjungannya yang lalu, almarhumah sempat menyaksikan pesona Negeri Di atas Awan serta mengunjungi objek wisata lainnya di Torut. 
(anto)