-->

Header Menu

HARIAN 60 MENIT | BAROMETER JAWA BARAT
Cari Berita

60Menit.co.id

Advertisement


Sektor22 Sub17 Melanjutkan Penanaman Pohon Buah di Merakdampit

60menit.com
Sabtu, 04 April 2020

60menit.com - Lahan kritis kebun sayuran ditanam Pohon Keras Buah oleh Sektor 22 melalui Sub 17, Merakdampit Cimenyan, Sabtu (4/04/2020)

60MENIT.COM, KBU Cimenyan ☐ Kawasan Bandung Utara (KBU) menjadi target utama penghijauan Satgas Citarum Harum Sektor 22, yang dipimpin oleh Kol. Inf. Asep Rahman Taufik, hingga melakukan penanaman pohon setiap hari, sebagai upaya menormalkan fungsi ekologi tanah di KBU.

Satgas sub 17 sektor 22, yang bertugas di wilayah KBU, fokus memantau hasil tanam dengan pemeliharaannya berbarengan melakukan komunikasi sosial dengan masyarakat penggarap di KBU, supaya tanaman sayuran mereka bisa dijadikan tumpang sari dengan tanaman keras ataupun buah-buahan. 

60menit.com - Sertu Suyanto (Dansub 17-22) menanam pohon Alpukat diantara tanaman bawang merah

Dikatakan Sertu Suyanto (Dansub 17 sektor 22), "kami melakukan penanamn pohon diatas lahan sayuran mereka, atas hasil komunikasi sosial, bahwa KBU merupakan lahan kritis yang memerlukan tanaman keras", jelasnya, Sabtu (4/04/2020)

KBU Cimenyan merupakan Komoditi bawang merah, walau ditanam sayuran lain, sehingga masyarakatnya kerasan dengan profesi tani, dan sudah menjadi mata pencaharian yang baku merarata di wilayah KBU. 

60menit.com

Agro Forestry yang dikenal orang banyak adalah teknik tumpang sari yang diterapkan oleh satgas sektor 22, disambut baik oleh masyarakat KBU, hal ini hasil upaya satgas melakukan manuver dengan cara sosialisasi komunikasi sosial dengan para penggarap, karena tidak akan merugikan bagi mereka, pohon keras yang ditanam satgas diwilayahnya sesuai permintaan mereka yaitu Tanaman buah buahan. 

"kami tidak menanam pohon sembarangan diwilayah ini, takutnya dicabut kembali bila tanaman ini tidak sesuai atas permintaan mereka, sesuai acuan Dansektor 22 kita harus menanam yang sesuai dengan permintaannya", imbuh Suyanto. 

Satgas citarum harum sektor 22, melalui dansub 17 (Peltu Suyanto) hari ini membawa pasukannya disertai tim baraya sektor 22, menanam pohon keras buah-buahan, yaitu Alpukat 100 tangkai dan Sirsak 50 tangakai berlokasi di Kp. Merakdampit Desa Cimenyan Rw. 15. Sabtu (4/04/2020)

60menit.com - Serka Apri Agung

Diselasela penanaman, Serka Apri Agung, mewakili Dansektor 22, mengatakan, "Saya yakin 2 tahun kedepan tanaman yang kita tanam ini sejumlah bisa terlihat pertumbuhannya, maka wilayah KBU sudah mulai terlihat titik cerah penghijauannya" ujarnya

Penanaman dipimpin langsung oleh Dansub 17 bersama Ketua Rw. 15 (Agus) disertai Serka Apri Agung mewakili Dansektor 22, lahan perkebunan sayuran seluas 20 Ha. Baru tertanam serjumlah 450 tanaman keras buah buahan, kedepan satgas sektor 22 citarum harum masih mencari tanaman buah lainnya, secara dicicil untuk ditanam didaerah ini. 

(Zho)