-->

Header Menu

HARIAN 60 MENIT | BAROMETER JAWA BARAT
Cari Berita

60Menit.co.id

Advertisement


Tingkatkan Indek Kebahagiaan Warga Kota Bandung, Kadis-PU Apresiasi Tabur Ikan di Sungai Kota

60menit.com
Kamis, 16 April 2020

60menit.com - Ir. Didi Ruswandi, M.T. (Kepala Dinas Pekerjaan Kota Bandung).

60MENIT.COM, Bandung - Kepala Dinas Pekerjaan Umum (Kadis PU) Kota Bandung (Ir. Didi Ruswandi, M.T.) mengapresiasi Kol. Inf. Asep Rahman Taufik (Dansektor 22 Citarum Harum) menebar ikan di Kali Cikarees RW 04 RT 01 Perumahan Suryalaya barat, Kelurahan Cijagra Kecamatan Lengkong sebanyak 43 kg, sebagai motivasi kebersihan sungai dan lingkungan kepada warga setempat , Kamis (16/04/2020).

Selain memelihara kebersihan lingkungan dan sungai dengan menabur ikan di sungai tengah-tengah kota, Kadis PU Kota Bandung pun menegaskan bahwa sungai bisa dijadikan ruang publik, bagi masyarakatnya bisa dijadikan rekreasi lokal menikmati indahnya sungai yang terpelihara kebersihannya, sehingga bisa meningkatkan Indek Kebahagiaan warga Kota Bandung. 

"Kami sangat mensuport Dansektor 22 dalam mencipatakan kebersihan lingkungan, disisi lain bahwa sungai merupakan badan air tapi bisa juga dijadikan ruang publik, kami sangat apresiasi pada motivasi Dansektor 22 karena kami pun ingin menciptakan bahwa sungai bisa dijadikan ruang publik sehingga indek kebahagiaan warga Kota Bandung akan meningkat," tegas Didi.

60menit.com
Dulunya, Sungai Cikarees termasuk salahsatu sungai yang kotor oleh sampah domestik (rumah tangga), kini keberadaanya mulai bersih dan terawat dengan baik, bahkan bentangan kirmirnya diwarnai oleh keindahan cat, satgas Citarum Harum Sektor 22 terus bergerak kolaborasi dengan kewilayahan melalui karyabakti dan komunikasi sosial supaya paradigma masyarakat berubah kepada hal kepedulian lingkungan dan sungainya.

Ditempat yang sama, Dansektor 22 Citarum Harum, pada kesempatan ini mengatakan, "Setiap hari kami dari satgas membersihan sungai dari tumpukan sampahnya, diwilayah cijagra saat ini masyarakat sudah pada mengerti fungsinya kebersihan, maka saya berikan motivasi kepada mereka dengan menebar ikan, supaya lebih fokus untuk meningkatkan kebersihannya" jelasnya.

"Ketika masyarakat mau hiburan didepan rumah, kan bisa dengan memancing, asal jangan di portas ataupun dijaring, supaya sungai bisa lestari sebagai slogan bahwa sungai bisa jadi sumber kehidupan, asal kebersihan sungai bisa dijaga, apalagi saat ini kita lagi dilanda wabah korona, kan bisa berhibur diri ditempat." imbuh Dansektor 22.

Keberadaan air Sungai Cikarees
Lurah Cijagra (H. Maman Suparman, S.K.M) menambahkan, rasa terimakasihnya kepada Dansektor 22, "dengan adanya penanaman ikan disini jelas masyarakat akan termotivasi pada pembersihan lingkungan, bahkan bisa dijadikan hiburan tingkat lokal dan saya yakin masyarakat akan lebih terpicu pada peningkatan Kebersihannya, " ujarnya.

Dalam penanaman ikan ini, yang mengapresiasi Dansektor 22 yaitu, Ikan Mas dari Kelurahan Cijagra 5 kilo, Ikan lele dari DPU 5 kilo, Camat Lengkong, warga setempat menabur ikan lele 5 kilo danikan mas 5 kilo.

(Zho)