-->

Header Menu

HARIAN 60 MENIT | BAROMETER JAWA BARAT
Cari Berita

60Menit.co.id

Advertisement


Kolonel Yusep Paparkan Program Citarum Harum Pada Kegiatan FGD Edukasi PHBS

60menit.com
Senin, 22 Juni 2020
Loading...


60menit.com - Kolonel inf Yusep Sudrajat saat memaparkan program Citarum Harum pada acara FGD di Aula Kecamatan Cicalengka
60MENIT.COM, Cicalengka - Senin (22/06/2020). Komandan Sektor (Dansektor) 21 Satgas Citarum Harum Kol Inf Yusep Sudrajat memaparkan permasalahan sungai Citarum dihadapan para Kepala Desa dan Tokoh masyarakat dalam kegiatan FGD (Forum Group Discussion) Edukasi PHBS (Perilaku Hidup Bersih dan Sehat) di Aula Kecamatan Cicalengka, Jalan Raya Timur No. 344 Cicalengka Kabupaten Bandung.


Kolonel Yusep menyebutkan, bahwa keberadaan sungai Citarum memiliki manfaat yang sangat banyak. Mulai dari sumber energi, pasokan air untuk pesawahan, dan juga sebagai air minum serta energi listrik yang mengaliri pulau Jawa dan Bali, melalui 3 Waduk, yakni waduk Jatiluhur, Saguling dan Cirata.

Adapun permasalahan permasalahan pokok yang ada di Citarum, persoalan sampah rumah tangga merupakan persoalan yang rumit dan mahal untuk saat ini. Pasalnya, menurut Kolonel Yusep, kapasitas TPA Sarimukti saat ini tidak bisa sebanding dengan jumlah sampah yang dihasilkan masyarakat yang ada di Bandung Raya.


" kalau kita hanya mengandalkan pemerintah saja, penanganan sampah tidak akan berhasil. Untuk itu pentingnya peran kita semua sangat diperlukan terutama mulai dari lingkungan keluarga," ujar Dansektor 21.

Seperti program 3R (Reuse, Reduce dan Recycle). Lanjut Kolonel Yusep, kelihatanya mudah, tapi apakah sudah dilaksanakan. Ternyata memang tidak mudah dilakukan, diperlukan kebiasaan dan disiplin yang dimulai dari diri sendiri dan keluarga. Pada kesempatan tersebut, Komandan Sektor 21 juga menyampaikan upaya yang telah dilakukan guna mengatasi permasalahan sampah rumah tangga. Mulai dari pengadaan bak sampah, mesin insenerator, hingga penerapan Zero Waste di lingkungan Sekolah di Kota Cimahi.


Sebelum mengakhiri paparannya, Dansektor 21 Kol Inf Yusep Sudrajat mengajak peserta yang hadir dalam kegiatan FGD, untuk mulai menyadari potensi dan permasalahan yang terjadi di DAS Citarum dan mengaplikasikan perilaku hidup bersih dan sehat, mulai dari diri sendiri, keluarga hingga lingkungan desa.

" Semoga apa yang saya sampaikan hari ini, bisa bermanfaat dan diterapkan di lingkungan masing-masing," harapnya.

Menanggapi pertanyaan dan pernyataan dari tiap perwakilan desa yang ada di Kecamatan Cicalengka. Dansektor 21 sangat mengapresiasi dan mencatat setiap masukan yang disampaikan dari para peserta FGD tersebut. Salah satunya penindakan terhadap warga yang kedapatan buang sampah di tempat yang tidak seharusnya. Dansektor 21 juga meminta, baik warga atau perangkat kewilayahan untuk mendokumentasikan melalui foto ataupun video, dan di kirimkan ke satgas subsektor yang bertugas di Cicalengka ataupun langsung ke dirinya


" kalau ada yang kedapatan membuang sampah sembarangan dengan bukti dokumentasi (foto dan video) tersebut, kita akan berikan sanksi sosial, berupa ikut korve (bersih-bersih) di sungai bersama satgas Citarum selama 14 hari", tegas Dan sektor

Sementara menurut Camat Cicalengka H. Entang Kurnia,SE.M.S.i, ketika ditemui selesai kegiatan mengatakan," Pertama Tama saya ucapkan terima kasih kepada Dansetor 21 yang telah hadir dalam diskusi ini. Dari apa yang disampaikan Dansektor, mungkin kita akan evaluasi sejauh mana program Citarum harum di wilayah ini. Adanya Program Citarum harum juga memberikan wawasan bagi para kepala Desa dan tokoh masyarakat serta ibu ibu agar tetap tidak henti hentinya melaksanakan perilaku hidup bersih dan sehat", terang pak Camat


Makanya, tambah H. Entang, adanya Program Citarum Harum, cukup banyak yang bisa diambil. Tinggal diaplikasikan oleh masyarakat khususnya warga Cicalengka, supaya tidak bosan bosan untuk berprilaku hidup sehat, dan menjadi kebiasaan sehari-hari.

" Mudah-mudahan dengan PHBS ini masyarakat bisa lebih disiplin, sehingga dalam pelaksanaan hidup bersih dan sehat bisa dimulai dari rumah tangga dengan keluarga baru dengan lingkungan. Dan semoga kita masyarakat khususnya warga Cicalengka bisa melaksanakanya, demi tercapainya masyarakat yang sehat dan sejahtera sehingga bisa lebih maju, mandiri dan berpola hidup yang baik", pungkas pak Camat (T.Pro)