-->

Header Menu

HARIAN 60 MENIT | BAROMETER JAWA BARAT
Cari Berita

60Menit.co.id

Advertisement


Kolonel Arh Dodo Irmanto Uji Tungku Pembakaran Pelastik Yang Dapat Menghasilkan BBM

60menit.com
Sabtu, 27 Juni 2020


60menit.com - Kolonel Arh Dodo Irmanto selaku Dansektor 6 Satgas Citarum harum saat uji tungku
60MENIT.COM, Bojongsoang -  Jum'at (26/6/2020) Bertempat di Oxbow Bojongsoang Kabupaten Bandung Komandan Sektor 6 Satgas Citarum Harum Kolonel Arh Dodo Irmanto melakukan uji coba perdana Tungku pembakaran pelastik yang dapat menghasilk BBM


Sampah pelastik  merupakan sampah yang sulit hancur dengan kurun waktu lima puluh bahkan seratus tahun sehingga menjadi problem tersendiri dan banyak mencemari lingkungan.

Program Citarum Harum dalam mengatasi kerusakan lingkungan khususnya Daerah Aliran Sungai (DAS) Citarum yang telah berlangsung selama dua tahun lebih telah dirasakan bagi warga Jawa Barat khususnya bagi warga yang ada di bantaran sungai Citarum. Melalui Perpres No. 15 Tahun 2018 tentang percepatan penanganan kerusakan sungai digenjot inovasi dan solusi positif untuk lingkungan.
Melihat kondisi tersebut dan melalui pemikiran sehingga tercetuslah Tungku pembakar pelastik jadi BBM yang dapat dijadikan solusi dalam mengatasi sampah pelastik.  Tungku saat diuji coba, langsung diperagakan oleh Dansektor 6 Satgas Citarum Harum Kolonel Arh Dodo Irmanto sembari menjelaskan bahwa tungku pembakaran pelastik menjadi BBM tersebut menggunakan beberapa  bahan seperti oli bekas sebagai alat pembakar agar api pembakaran tetap menyala dan blower untup meniupkan api meningkatkan suhu tungku agar tetap panas.

" Minimal plastik yang dibakar pada tungku sekitar 15 sampai 20 kg, melalui pembakaran tersebut akan menjadi BBM sekitar 70 sampai 80 % yang terdiri dari minyak tanah, bensin dan solar, sehingga  sampah pelastik tidak ada yang tersisa dan habis terbakar", terang Kolonel Arh Dodo.

Tambah Kolonel Dodo, Setiap pembakaran harus ditunggu untuk menjaga kesetabilan suhu sampai angka tekanan 300 derajat, setelah itu akan turun suhu panasnya jika oli bekas sebagai bahan bakar habis.

" jadi masalah solusi sampah pelastik yang ada khususnya di Sektor 6 akan kita bakar ditungku ini, dan untuk BBM bisa digunakan namun masih tetap saja harus melalui uji lanjutan. Solusi sampah pelastik bandel harus dibakar ditungku, tentu pelastik-pelastik tersebut harus disortir terlebih dahulu dan pelastik harus dalam kondisi kering agar dapat memghasilkan BBM yang berkualitas, " pungkas Dansektor 6 kolonel Arh Dodo Irmanto. (T.Pro/Pendam III/Siliwangi).