-->

Header Menu

HARIAN 60 MENIT | BAROMETER JAWA BARAT
Cari Berita

60Menit.co.id

Advertisement


Sinergitas Satgas Pamtas Yonif R 142/KJ Amankan Perbatasan Indonesia-Timor Leste

60menit.com
Selasa, 23 Juni 2020

60menit.com - Sinergitas Satgas Pamtas Yonif R 142/KJ Amankan Perbatasan Indonesia-Timor Leste, Senin (22-06).

60MENIT.COM, Belu | Keamanan sebuah Negara merupakan hal yang sangat penting bagi rakyatnya dalam menjaga stabilitas perekonomian guna terwujudnya kesejahteraan bersama.

Satgas Pamtas RI-RDTL sektor timur Yonif Raider 142/KJ selaku satuan yang diberi kepercayaan oleh Ibu Pertiwi untuk mengamankan wilayah perbatasan Indonesia - Timor Leste, berinisiatif untuk bersinergi bersama satuan lain dari Kepolisian dan TNI AL dalam mewujudkan stabilitas keamanan Bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) khususnya di wilayah timur yaitu Kabupaten Belu, Nusa Tenggara Timur.

Hal tersebut disampaikan Dansatgas Pamtas RI-RDTL Yonif Raider 142/KJ Letkol Inf Ikhsanudin, S.Sos.,M.M dalam rilis tertulisnya di Atambua Kabupaten Belu Nusa Tenggara Timur, Minggu (21/6/2020).

Dikatakan Dansatgas, patroli keamanan bersama tersebut dilaksanakan oleh Satgas Pamtas Yonif R 142/KJ di Pos Motaain bersama personel Pos TNI AL Atapupu, Pos Polisi Motaain dan Pos Brimob Motaain.

"Kegiatan patroli bersama tersebut dilaksanakan oleh personel kami yang berada di Pos Motaain bersama personel Pos TNI AL Atapupu, Pos Polisi Motaain dan Pos Brimob Motaain," ungkapnya.

"Kami satu tujuan, yaitu menjaga stabilitas keamanan wilayah perbatasan khususnya di wilayah timur NKRI yaitu Kabupaten Belu, Nusa Tenggara Timur," tegasnya.

Lebih lanjut dikatakan, patroli keamanan bersama tersebut dilaksanakan oleh 18 orang personel yang terdiri dari 7 orang dari Satgas Pamtas Yonif R 142/KJ Pos Motaain dipimpin Lettu Inf Sahita, 2 orang dari Pos TNI AL Atapupu dipimpin oleh Letda Laut (S) Arif Lambuto T, S.H, 7 orang dari Pos Polisi Motaain dipimpin oleh Ipda Nurdin dan 2 orang dari Pos Brimob Motaain yang dipimpin oleh Aiptu Carvalo.

"Selain mengantisipasi berbagai macam tidak pidana yang dapat terjadi di wilayah perbatasan seperti penyelundupan dan pelintas batas ilegal, kegiatan ini juga dalam rangka mencegah penyebaran pandemi wabah COVID - 19," paparnya.

"Disamping itu, tujuan utama dari patroli bersama ini adalah untuk menjamin situasi yang aman dan kondusif di wilayah perbatasan Indonesia - Timor Leste," tambahnya.

Dirinya berharap, seluruh lapisan masyarakat yang ada di wilayah perbatasan Indonesia - Timor Leste dapat mendukung terciptanya situasi yang aman dan kondusif, serta menekan penyebaran wabah COVID - 19 dengan tetap menerapkan protokol kesehatan dalam kegiatan sehari-hari.

Di tempat terpisah, Danpos Motaain Lettu Inf Sahita berharap kegiatan seperti ini akan terus berlanjut sehingga sinergitas antar instansi yang bertugas di wilayah perbatasan dapat terjaga dengan baik.

"Kami sangat berharap agar kegiatan seperti ini akan terus berlanjut pada Satgas berikutnya, sehingga sinergitas antar instansi yang bertugas di wilayah perbatasan dapat terjaga dengan baik," tandasnya.

(Asep Dhalank S)