-->

Header Menu

HARIAN 60 MENIT | BAROMETER JAWA BARAT
Cari Berita

60Menit.co.id

Advertisement


Dansektor 9 Lakukan Penanaman Pohon Bersama Para Penggiat Lingkungan

60menit.com
Kamis, 02 Juli 2020

60menit.com - Kolonel Inf Dadang Rahadiansyah saat tanam pohon bersama para penggiat lingkungan

60MENIT.COM, Ngamprah - Dansektor 9 Satgas Citarum harum Kol Inf Dadang Rahadiansyah, mengajak masyarakat penggiat lingkungan Ecovillage Cipeundeuy bestari, Ecovillage Laksana mekar dan karang taruna Desa Cipeundeuy Kecamatan Padalarang Kabupaten Bandung barat, bergotong royong menanam pohon di sepanjang sungai Cihaur, Kampung Pangkalan Rw 13 Desa Cipeundeuy Kecamatan Padalarang Kabupaten Bandung Barat


Kegiatan tersebut diikuti oleh Patroli Sungai Dinas Lingkungan hidup Prov Jabar PT. Infofood Sukses Makmur Tbk, Kasie Pemerintahan Cipeundeuy dan masyarakat sekitar nya. Dengan menanam 200 bibit pohon diantaranya, pohon mahoni,, mangga, rambutan dan pohon alpuket, dengan jarak tanam sekitar 2 m antara pohon satu ke pohon lainnya.

Pada kesempatan tersebut, Kolonel Dadang mengatakan bahwa penghijauan adalah salah satu kegiatan penting yang harus dilaksanakan secara nyata dan berkelanjutan guna menangani krisis lingkungan. Begitu pentingnya, sehingga penghijauan juga merupakan program nasional yang dilaksanakan di seluruh Indonesia. Penghijauan dalam arti luas adalah segala daya untuk memulihkan, memelihara dan meningkatkan kondisi lahan agar dapat berproduksi dan berfungsi kembali.


" Penanaman pohon ini punya banyak tujuan, di samping untuk keindahan lingkungan juga dapat mengurangi polusi udara", ucap Kolonel Dadang

Sementara itu Ria Rochyati perwakilan dari PT. Indofood Sukses Makmur Tbk mengucapkan terima kasih kepada komandan Sektor 9 Citarum harum dalam kegiatan penanaman pohon tersebut. Dirinya juga memberi arahan kepada masyarakat betapa pentingnya penanaman pohon, menurut Ria, selain untuk paru-paru udara menyerap polusi dan akar pohon itu sendiri untuk menahan air supaya tidak langsung hilang.


Sedang Abdan Solihien selaku koordinator Patroli Sungai DLH Provinsi Jawa barat  mengatakan, "melalui kegiatan ini, untuk memberikan rasa nyaman dan sejuk kepada masyrakat di sekitarnya serta untuk menciptakan rasa nyaman dan suasana sejuk ada baiknya kita bergotong royong sambil menanam pohon, lebih baik menanam 5 pohon dan kita merawatnya daripada menanam ribuan pohon tapi tidak dirawat", tuturnya (T.Pro/***)