-->

Header Menu

HARIAN 60 MENIT | BAROMETER JAWA BARAT
Cari Berita

60Menit.co.id

Advertisement


Diduga Oknum ASN Dinsos Lamtim Permainkan Data Penerima BLT Dan BST

60menit.com
Kamis, 02 Juli 2020
Loading...

60menit.com - Diduga Oknum ASN Dinsos Lamtim Permainkan Data Penerima BLT Dan BST, Kamis (2-06-2020).

60MENIT.COM, Sukadana | Pemerintah kabupaten Lampung timur, melalui pemerintah desa menerapkan asas transparan untuk data penerima Bantuan Sosial Tunai yang sumber dananya dari Kemensos maupun Bantuan Langsung Tunai bersumber dari Dana Desa Tahun 2020. Hal tersebut terbukti dengan ditempelkannya data penerima bantuan disetiap kantor balai desa selampung timur.

Bantuan terhadap keluarga yang terdampak wabah Covid 19 mengacu pada Permendes No.6 Tahun 2020 yaitu bantuan diberikan terhadap orang yang tidak mampu atau rumah tangga dan usaha yang terdampak Covid 19.

Namun orang yang belum mempunyai tempat tinggal tetap didaerah atau desa tersebut bisa mendapatkan bantuan sesuai dalam 14 kriteria penerima bantuan asalkan orang itu tidak mendapatkan batuan lain seperti PKH, BPNT, BST. 

Apabila sudah mendapatkan bantuan tersebut,maka orang tersebut tidak akan mendapatkan BLT DD yang diperuntukan bagi keluarga pra sejahtera yang yang terdampak Covid 19.

Tapi lain yang terjadi  didesa siraman kecamatan Pekalongan kabupaten Lampung timur, ada seorang oknum ASN berinsial YL yang bekerja di dinas sosial kabupaten lampung timur nekat masukin anak kandungnya sebagai penerima Bantuan Sosial  Tunai (BST).

Anaknya tersebut masih bujang (belum kawin) saat media ini mengkonfirmasi kan kepada ASN tersebut dia tidak bisa komentar, malah kata dia silahkan bapak temuin Kabid saya saja.

Setelah beberapa kali kami dari media berusaha  menghubungi melalui via WA dan WhatsApp selalu tidak pernah ditanggapi oleh kadis dan  Kabid tersebut, kami datangi dikantornya nya mereka  selalu tidak ada ditempat, separti kayak hari ini Kamis, (02/07/2020) 

Kepala dinas sosial Darmuji dan para Kabid yang membidangi masalah tersebut diatas tidak ada ditempat (kantor dinas sosial) kabupaten Lampung Timur.

Dengan permasalahan ini kami nemuin Ketua Forum Komunikasi Surat Kabar Mingguan (FKSKM) dan media Online Lampung timur (Tarmizi Husen) sangat menyayangkan diduga  oknum Pegawai dinas  sosial Lampung timur permainkan data penerima bantuan BLT.

Salah satu bukti anak kandungnya oknum ASN yang kerja di dinas sosial Lampung timur yang menangani dan mendata bantuan BLT maupun BST yang berinisial YL dimasukkan sebagai penerima bantuan tersebut.

Yang bernama M. Alwi Andriansyah Zain, warga dusun lV desa Siraman kecamatan Pekalongan kabupaten Lampung timur. 

Jadi mengenai permasalahan diatas dan keluhan semua desa mengenai bantuan tidak tepat sasaran, itu kendala nya karena diduga ada oknum ASN yang bermain didalam pendataannya.

Dan saya juga sebagai Ketua Forum Komunikasi Surat Kabar Mingguan (FKSKM) dan Media Online Lampung timur sangat kecewa kepada para pejabat di dinas sosial seperti Kadis, Kabid dan kasi saat saya ingin Konfirmasi tentang permasalahan ini semua kayak nya cuek dan tidak menghargai profesi saya sebagai wartawan.

aya berharap kepada pemerintah daerah Habil khusus inspektorat dan penegak hukum segera diusut tuntas dugaan permainan manipulasi  data tersebut pungkasnya.

(Tim)