-->

Header Menu

HARIAN 60 MENIT | BAROMETER JAWA BARAT
Cari Berita

60Menit.co.id

Advertisement


Sampah Tercecer di Sungai Sekeorok, Satgas Sektor 22 Sub 11 Diskusikan Bersama Aparatnya

60menit.com
Sabtu, 04 Juli 2020
Loading...

60menit.com - Tampak Satgas Sub 11 sektor 22 sedang membersihkan Sunga Sekeorok, wilayah Kel. Cisurupan Cibiru, Sabtu (4-06-2020)

60MENIT.COM, Bandung | Dansub 11 sektor 22 Satgas Citarum Harum (Serma Abdulloh Fawzi) membawa pasukannya melanjutkan pembersihan Sungai Sekeorok, wilayah Kelurahan Cisurupan Cibiru Kota Bandung, Sabtu (4/07/2020).

Target pembersihan sungai merupakan hasil survay satgas, sehingga ditentukan menurut prioritas target utama yang lebih berdampak pada tatanan lingkungan dan masyarakat.

"Pada pembersihan ini, sepanjang 100 m area pembersihan hingga terangkat sampat rumputliar seberat 450 kg. Giat di wilayah ini hasil dari patroli Jumat sore (03-07-2020)," Kata Abdulloh.

"di wilayah ini selain sampah domestik memang rumput liar sudah banyak tumbuh juga ada beberapa kantong sampah yang sepertinya masih dibuang oleh warga kurang bertanggung jawab," imbuhnya.

Masih adanya masyarakat yang belum memahami tentang pentingnya kebersihan lingkungan terutama lingkungan sungai. 

"yaa memang tidak mudah dan perlu proses untuk membuat masyarakat kita bisa sepenuhnya meninggalkan kebiasaan sehari hari, sehingga sungai dianggap tong sampah paling panjang, apalagi jika pemerintah setempat juga belum memfasilitasi bak sampah dan tenaga pengangkut," masih kata Abdulloh.

Kondisi masih adanya sampah di sekitar jembatan sungai sekeorok wilayah Rw 08, Dansub 11 sektor 22 sudah konfirmasikan ke Ketua Rw 08 (Wahyu) Cisurupan.

"Menurutnya bahwa sampah yang masih dibuang ke sungai ini bukan dari warganya, namun warga yang entah dari mana, karena mereka membuang sampah biasanya menggunakan motor, saat tidak ada yang melihat," kata Wahyu.

Solusi keesokannya, pengurus Rw 08 Cisuruoan memutuskan, sepertinya masih perlu spanduk atau baligho peringatan larangan buang sampah di sungai.

(zho)