Header Menu

HARIAN 60 MENIT | BAROMETER JAWA BARAT
Cari Berita

60Menit.co.id

Advertisement


Upaya Serius Penghijauan KBU, Satgas Sektor 22 Sub 17 Melakukan Perawatan Pohon

60menit.com
Sabtu, 04 Juli 2020
Loading...

60menit.com - Satgas Sektor 22 Sub 17 Melakukan Perawatan Pohon di KBU Merak Dampit Cimenyan, Sabtu (4-07-2020)

60MENIT.COM, Cimenyan | Hasil tanam di lahan kritis Kawasan Bandung Utara (KBU) Cimenyan oleh Satgas Citarum Harum sektor 22, terus dilakukan perawatan supaya bisa mencapai hasil yang sesuai.

Sertu Suyanto (Dansub 17 sektor 22) bersama pasukannya, melakukan perawatan pohon hasil tanam Bulan Desember 2019, di Desa Merak Dampit Rw. 15 Kecamatan Cimenyan, Sabtu (4/07/2020).

"Alhamdulillah saat ini masih ada turun hujan, sehingga tanaman hasil tanam dibulan Desember 2019 tumbuh subur kondisi pohonnyapun sudah tinggi, sehingga kami bisa memprediksi keselamatan pertumbuhannyapun akan terjamin bagus," ucap Suyanto.

Usia kritis hasil tanam selam 3 bulan pasca tanam sudah terlewati, ketika memasuki usia 6 bulan, pohon yang ditanam sudah dikatakan remaja, sehingga pemantauan dan pengawasannya bisa berkurang, namun perawatan masih tetap harus dijaga.

"Kendala kami dilapangan terhadap perawatan pohon di KBU ini salahsatunya adalah kurangnya air ketika bulan kemarau," ucap Suyanto.

Dansub 17 sektor 22 ( Sertu Suyanto)

Hal itu suyanto membandingkan pengalaman di tahun kebelakang, mereka berupaya dengan melakukan penyuntikan menggunakan botol akua 1 liter diisi air pada tiap tanaman, namun masih banyak yang gagal tumbuh.

Saat ini Komandan Sektor 22 (Kol. Inf. Asep Rahman Taufik) mengupayakan pembuatan demplot air, menggunakan Bio Drum dengan kafasitas 100 liter air, dengan teknis bisa menyuplai air ke 100 tanaman tiap hari.

Demplot air masih memerlukan banyak, karena hasil tanam yang masih membutuhkan perawatan yang serius sebanyak 90.000 tanaman, sehingga ada 900 drum yang dibutuhkan Bio Drum untuk demplot air.

(zho)