-->

Header Menu

HARIAN 60 MENIT | BAROMETER JAWA BARAT
Cari Berita

60Menit.co.id

Advertisement


Dansektor 22 Bersama Wakil Walikota Bandung, Survay Lahan Penghijauan Bukit Kanhay Cibiru

60menit.com
Senin, 24 Agustus 2020

60menit.com - Kol. Inf. Eppy Gustiawan, S.I.P., (Dansektor 22 Citarum Harum) bersama Wakil Walikota Bandung dan Kadis DPU, Survay Lahan Penghijauan Bukin Kanhay Cibiru, Senin (24/08).

60MENIT.COM, Bandung | Kuatkan kolaborasi dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung, Kol. Inf. Eppy Gustiawan (Dansektor 22 Citarum Harum) bersama Wakil Walikota Bandung (Yana Mulyana) disertai Kadis DPU (Didi Ruswandi) meninjau lokasi rencana penanaman pohon di Bukit Kanhay Cibiru.

Kolaborasi dalam konservasi sungai dan lahan penghijauan adalah salahsatu upaya perbaikan lingkungan yang bertajug pada kesehatan dan pemulihan normalisasi kesuburannya termasuk ditiap sungai.

Komandan sektor (Dansektor) 22, Kol. Inf. Eppy Gustiawan, S.I.P., mengatakan, "Kolaborasi penghijauan dilahan Pemkot Bandung sekaligus pembuatan dan pemanfaatan area sport untuk sepeda gunung, sebagai lokasi yang berada di wilayah kota Bandung," ujarnya.

Lokasi Bukit Kanhay tepatnya di blok Garung wilayah Rw. 04 Kelurahan Palasari Kecamatan Cibiru, Kota Bandung, Senin (24/08/2020).

Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kota Bandung, berencana untuk melakukan konservasi lahan dengan melakukan penghijauan yang ditanami pohon keras berkolaborasi dengan Satgas Citarum Harum Sektor 22.

Dikatakan Kadis DPU (Ir. Didi Ruswandi, M.T.), "Bahwa tindakan ini sebagai upaya Pemkot Bandung untuk mengembalikan sumber air tanah yang selama ini hilang terkikis oleh perubahan fungsi lahan," katanya.


Motifasi lain seperti yang diniatkan oleh Dansektor 22, adalah untuk menormalisasikan air, sehingga sumber air (mata air) bisa muncul kembali bila kemarau air tetap ada dan bila musim hujan tidak berakibat banjir.

Yang dimaksudkan Dansektor 22 adalah mengembalikan agregat tanah, sehingga aerasi tanah akan kembali normal bila fungsi penghijauan mencukupi.

Hal yang sama disampaikan oleh Wakil Walikota Bandung, bahwa pemkot akan selalu berupaya untuk mengembalikan normalisasi lahan dengan melakukan penghijauan.

(zho).