-->

Header Menu

HARIAN 60 MENIT | BAROMETER JAWA BARAT
Cari Berita

60Menit.co.id

Advertisement


Hindari Bakteri Ecolly Sungai, Peltu Bayu Bawa Anggotanya Bersihakan Septicktank Comunal

60menit.com
Selasa, 25 Agustus 2020

60menit.com - Satgas Sub 07 -22 pada pembersihan Septicktank Comunal Gegerkalong, Selasa (25/08).

60MENIT.COM, Bandung | Upaya peningkatan Open Defication Free (ODF) Satgas Citarum Harum Sektor 22, menyemarakkan pembuatan Septick Tank Comunal tersebar di Kota Bandung.

Program ini merupakan rangkaian dari program Citarum Harum yang bernaung pada Peraturan Presiden No. 15 Th. 2018 memiliki ruh untuk membuat bersih dan sehat air sungai tidak terkontiminasi limbah apapun.

Dansub 07 sektor 22 Citarum Harum, Peltu Bayu Dwi Cahyadi memimpin pasukan sub 07, hari ini membersihkan septick tank comunal di wilayah Kelurahan Geger Kalong, Sukasari Kota Bandung, Selasa (25/08).

Dikatakan oleh Bayu, Tidak hanya di sungai, satgas citarum harum subsektor 07 sektor 22 juga melaksanakan kegiatan pembersihan di sekitar septicktank komunal yang merupakan program Citarum Harum juga.

"Septicktank comunal yang dibangun di Kelurahan Gegerkalong Kecamatan Sukasari pada tahun 2018, Alhamdulillah masih berfungsi dengan baik, selain peran serta satgas Citarum Harum khususnya subsektor 07, peran masyarakat sekitar juga sangat berpengaruh," kata Bayu.

Dua Tahun kebelakang, kondisi air sungai di Kota Bandung sangat dominan mengandung bakteri ecolly setelah limbah kimia dan limbah domestik lainnya.


Penegakkan Perpres No. 15 Th. 2018 oleh Dansektor 22 Citarum Harum di Kota Bandung salahsatunya adalah menyemarakkan pembuatan septicktank comunal, sebagai tindakan mengembalikan kondisi air sungai yang bermanfaat bagi masyarakatnya, sehingga pemeliharaan septicktank comunal digalakan. 

"Sangat berpengaruh besar demi terpeliharanya spitang komunal agar usia pakai spitank tersebut menjadi lebih lama," tutup Bayu.

Saat ini Kota Bandung memasifkan ODF 100% supaya kandungan air sungai bisa membuat sehat masyarakatnya dan terhindar dari Stunting, program ini sangat beririsan dengan tujuan Perpres No. 15 Th. 2018.

(Zho)