-->

Header Menu

HARIAN 60 MENIT | BAROMETER JAWA BARAT
Cari Berita

60Menit.co.id

Advertisement


Kolonel Eppy di FGD, Product Knowlege Bisa Selesaikan 7 Permasalahan Citarum

60menit.com
Jumat, 28 Agustus 2020
Loading...

60menit.com - Kol. Inf. Eppy Gustiawan, S.I.P., pada acara FGD di Jatiluhur, Purwakarta, Jumat (28/08/2020) malam. 

60MENIT.com, Purwakarta | Kol. Inf. Eppy Gustiawan, S.I.P., (Dansektor 22 Citarum Harum), menghadiri acara Focus Group Discussion (FGD) di Istora Jatiluhur Valley dan Resort Purwakarta, Jumat (28/08/2020) malam. 

FGD digelar mengupas tuntas permaslahan Sungai Citarum yang bertajug untuk suksesi penegakkan Peraturan Presiden No.15 Tahun 2020, yaitu tentang percepatan pengendalian pencemaran dan kerusakan daerah aliran Sungai Citarum, merupakan peraturan yang mengatur dan usaha untuk mengkonservasi DAS Citarum, sehingga sungai jadi sumber hidup dan penghidupan masyarakat. 

Giat dihadiri oleh 23 Dansektor (seluruh) dalam rangka memperingati HUT Perum Jasa Tirta (PJT) 2 yang ke 53 Tahun, acara dimulai jam 19.00 hingga selesai.  

Dalam narasinya, Dansektor 22 Citarum Harum menuturkan, dirinya baru 28 hari bertugas namun setelah belanja dan identifikasi masalah, ternyata di sektor 22 permasalahannya cukup kompleks. 

Yaitu ada 7 (tujuh) permasalahan mulai dari mindset (perilaku) masyarakat, kotoran hewan, lahan kritis, sampah, limbah domestik, limbah industri dan sedimentasi.

Permasalahan yang ada ini bisa diselesaikan dengan berkolaborasi dan berkoordinasi antara instansi dinas terkait, bahkan pentingnya Pentahelix yang tidak lepas sebagai acuan dengan bergerak bersama sama, untuk suksesi Program.

Suksesi ini jelas kita tidak bisa berjalan sendirian, mulai dari menata mindset para pihak sehingga terwujud sebuah product knowledge yang berkeinginan membangun, dalam penataan sekaligus memelihra dan menertibkan kebersihan tiap sungai yang bermuara di Sungai Citarum yang berkelanjutan. 

Product Knowledge pun perlu menorehkan pada tatanan hukum, sehingga tidak bertumpang tindihnya peraturan perundang undangan untuk mewujudkan cita cita Perpres No. 15/2018, memiliki tatanan tegak lurus ke atas yaitu Sungai Citarum Harus Harum. 

Dalam beberapa hari ke belakang kita berupaya menyelesaikan permasalahan limbah domestik dari Indonesian Power, selain itu kami sudah berupaya mengelola kotoran hewan yang kemudian dijadikan kompos sebagai media penanaman.

Itu semua merupakan pergerakan awal dari kami, dalam bertugas menyelesaikan peasalahan di Sungai Citarum, tutup Eppy. 

(zho)