-->

Header Menu

HARIAN 60 MENIT | BAROMETER JAWA BARAT
Cari Berita

60Menit.co.id

Advertisement


Pelda Mulyanto (Dansub 06 Sektor 22 Citarum Harum) Kolaborasi Kewilayahan Modal Awal Masa Depan Sungai

60menit.com
Kamis, 06 Agustus 2020
Loading...

60menit.com - Pelda Mulyanto (Dansub 06 sektor 22) memimpin kolaborasi pembersihan Sungai Cikendal, Cijerah, Kamis (6/08).

60MENIT.COM, Bandung | Pelda Mulyanto (Dansub 06) satgas sektor 22 citarum harum, membawa pasukannya pada pembersihan Sungai Cikendal di Kelurahan Cijerah.

Pada pembersihan sungai, Pelda Mulyanto berkolaborasi dengan gober kewilayahan dan UPT DAS DPU wilayah Bandung Kulon, hingga terhimpun personil sebanyak 37 orang, merupakan kolaborasi yang masif berkelanjutan, diciptakan satgas citarum harum sektor 22 sub 06.

Kepada awak media Dansub 06 mengatakan, "Pembersihan Sungai Cikendal, sengaja kami berkolaborasi dengan kewilayahan baik dari kelurahan maupun dengan Dinas PU, supaya kedepannya bisa berlanjut dan faham permasalahan kebersihan sungai," jelas Mulyanto, Kamis (6/08/2020).

Satgas Citarum Harum memelopori tindakan pembersihan dan pemeliharaan sungai, ini berbatas waktu kedinasan, hanya 4 Tahun kedepan lamanya bertugas, kedepannya merupakan tanggung jawab kewilayahan dan pemerintahnya.

60menit.com

Merupakan pengorbanan besar bagi satgas citarum harum, untuk membentuk paradigma masyarakat supaya bisa memiliki rasa cinta terhadap kebersihan lingkungan.

Sehingga satgas setiap hari melakukan pembersihan dan komunikasi dengan masyarakat langsung, salahsatu upaya mensosialisasikan peratuaran Presiden No.15 Th.2018, bertujuan setiap sungai kembali bersih, airnya sehat dan bisa bermanfaat bagi keehidupan masyarakat.

"Setiap hari, kami mengontrol keberadaan sungai (operasi sungai) supaya diketahui derajat karakter masyarakat dalam prbaikan prilakunya, sambil mengajak supaya masyarakat tidak lagi membuang sampahnya ke sungai," terang Mulyanto.


Pembersihan sungai, Satgas sektor 22 sub 06 saat ini di Kelurahan Cijerah Kecamatan Bandung Kulon, pada pembersihan Sungai Cikendal, hingga bisa mengangkat sampah sebanyak 45 karung (berat 500 kg) dibuang ke TPS Rw 08 Cijerah. 

"Gerakan inipun saya harap bisa menyentuh hati mereka supaya jera dan tidak mengotori sungai, bahkan diharap mereka bersatu padu memelihara dan menjaga kebersihan sungai," harap Mulyanto.

(zho)