-->

Header Menu

HARIAN 60 MENIT | BAROMETER JAWA BARAT
Cari Berita

60Menit.co.id

Advertisement


Pemkab Ciamis Kekurangan SDM, Bupati Herdiat Akan Menghadap Kementerian

60menit.com
Senin, 31 Agustus 2020

60menit.com - Bupati Ciamis Herdiat Sunarya, Senin (31/08).

60MENIT.com, Ciamis | Pemerintah Kabupaten Ciamis saat ini mengalami kekurangan SDM dengan banyaknya ASN yang Pensiun, namun tidak berbarengan dengan masuknya SDM baru.

Hal tersebut disampaikan Bupati Ciamis Herdiat Sunarya saat memberikan sambutan pada pelaksanaan Seleksi Substansi Balon Kepsek tatap muka virtual jenjang TK, SD dan SMP lingkup Dinas Pendidikan Kabupaten Ciamis di Aula BKPSDM, Senin (31/8/2020).

Herdiat mengatakan, moratorium ASN 2010 baru Rekrutmen 2019 dan tidak banyak hanya 277 orang sementra di Kabupaten Ciamis membutuhkan SDM di Pendidikan dan Kesehatan kurang lebih 6 ribu  ASN.

Ia mengungkapkan, dalam waktu dekat Pemkab Ciamis akan mendatangi Kementerian Pendidikan dan Kesehatan untuk menyampaikan kekurangan pegawai Ciamis yang besar jumlahnya.

"Makanya, kami dalam waktu dekat ini akan menghadap ke Kementrian Pendidikan dan Kesehatan,"katanya.

"Di akhir 2018 kurangnya ada 6200 orang yang pensiun dan meninggal setiap tahunnya. Ada pula yang pindah sampai 500 orang," ungkapnya.

Ditanya Ihwal pelaksanaan seleksi Balon Kepsek Bupati Ciamis menyampaikan, beberapa sekolah ada yang mengalami kekosongan Kepala Sekolah sampai 1 tahun, dikhawatirkan akan mengganggu proses pembelajaran.

"Kita melaksanakan kegiatan tidak bermaksud untuk dilambatkan, namun mengingat situasi Pandemi COVID-19 sehingga pelaksanaan seleksi balon Kepsek ditunda," jelasnya.

Sementa itu Kepala Dinas Pendidikan Ciamis, Tatang menuturkan, Pelaksanaan Seleksi Substansi Balon Kepsek Tatap Muka Virtual jenjang TK, SD dan SMP lingkup Dinas Pendidikan Kab Ciamis tahun 2020 diselenggarakan dari 31 Agustus - 4 September 2020, 

Tujuan diselenggarakannya kegiatan ini untuk menilai kemampuan dan daya yang dimiliki sekolah agar memungkinkan berkembang, ia menerangkan, Peserta yang mengikuti kegiatan berjumlah 130 orang dengan metode tatap muka dan virtual dengan tetap patuh pada protokol kesehatan. 

"Pelaksanaan dibagi di beberapa tempat diantaranya di BKPSDM, SMPN 1 Ciamis dan SMPN 2 Ciamis," terangnya.

(Edy/ Dede)