-->

Header Menu

HARIAN 60 MENIT | BAROMETER JAWA BARAT
Cari Berita

60Menit.co.id

Advertisement


Satgas Sub 06 Sektor 22, Meningkatkan Kolaborasinya Pada Pembersihan Sungai Cirangrang

60menit.com
Rabu, 19 Agustus 2020

60menit.com - Tampak Pelda Mulyanto (Dansub 06-22) bersama aparat kewilayaha, Lurah Cirangrang dan staf, pada pembersiham Sungai Cirangrang, Rabu (19/08).

60MENIT.COM, Bandung | Geliat satgas citarum harum Sektor 22 di Sub 06, kini melakukan kolaborasi lagi pada pembersihan Sungai Cirangrang wilayah Rw. 01 dan Rw. 03, Kecamatan Babakan Ciparay, Rabu (19/08).

Dengan kekuatan 27 personil gabungan antara Satgas dan Gober Kelurahan Cirangrang, mampu membersihkan sungai sepanjang 250M hingga terangkat sampah sebanyak 30 karung. 

Dikatakan Pelda Mulyanto (Dansub 06 sektor 22), "Sampah sebanyak itu kami buang ke Tempat Pembuangan Sampah Sementara (TPS) di Kelurahan Cirangrang, tidak jauh dari tempat karya bakti," ujar Mulyanto, Rabu (19/08).

60menit.com
Semakin hari, satgas melakukan kerjasama erat sekali dengan aparat kewilayahan, bahkan merekapun semakin merapatkan barisannya melalui gober, sehingga antara satgas dan gober terlihat harmonis dan humanis dalam mengeksekusi tempat tempat kotor terlumuri sampah. 

Seperti yang diharapkan oleh Dansektor 22 Citarum Harum, (Kol. Inf. Eppy Gustiawan, S.I.P.,) bahwa aparat kewilayahan memiliki kewenangan penuh dalam menindak ketertiban kebersihan sungai dan lingkungannya, maka warga masyarakat perlu dilibatkan dalam kepedulian kebersihannya. 

"TNI tidak serta merta untuk mensukseskan Program Citarum Harum, apabila tidak ada pendukungan dari masyarakat dan pemerintahnya," Ujar Dansektor 22, ditempat yang berbeda. 

Kolaborasi antara satgas citarum harum, pemerintah dan masyarakat merupakan tiga serangkai yang tidak bisa dipisahkan, karena perlu bergerak bersama sama dalam mewujudkan kebersiham sungai dan lingkungan. 

Sehingga akan menerapkan paradigma yang beradaptasi dengan terbiasanya gaya hidup bersih, dan membawa pada prilaku yang mandiri berkelanjutan dalam mencintai kebersihan.


Giat ini dihadiri oleh, Lurah Kelurahan Cirangrang (Iwan Ridwan), Kasi ekbang kelurahan, Babinsa Cirangrang, Ketua Rw 01, 03 dan beberapa Ketua Rt. setempat.

Lurah Cirangrang, Iwan Ridwan pada kesempatan itu mengatakan, "Kami sangat terbantu oleh pasukan satgas citarum, maka kolaborasi akan kami tingkatkan lagi, cuman sayangnya masih ada masyarakat yang masih membuang limbah domestiknya ke sungai," katanya. 

Ia pun berharap, "Makin masif dan kompaknya kita berkolaborasi, sehingga bisa cepat menyadarkan mereka, supaya bisa terbiasa hidup apik dan bersih utamanya pada kebersihan sungai dan lingkungan," tutup Iwan. 

(zho)