-->

Header Menu

HARIAN 60 MENIT | BAROMETER JAWA BARAT
Cari Berita

60Menit.co.id

Advertisement


Serma Epi Nana, Satgas Sektor 22 Sub 16 Kuatkan Gotongroyong Pada Karyabakti Citarum Harum

60menit.com
Jumat, 28 Agustus 2020
Loading...

60menit.com - Serma Epi Nana, Satgas Sektor 22 Sub 16 Gotongroyong pada karyabakti pembersihan Sungai Cedok Cikidang Lembang, Jumat (28/08).

60MENIT.com, Lembang | Satgas Citarum Harum sektor 22 sub 16 yang dipimpin oleh, Serma Epi Nana, hari ini membersihkan Sungai Cedok di Desa Cikidang Kecamatan Lembang, Jumat (28/08).

Tiap subsektor di Sektor 22 Citarum Harum, pada pelaksanaan karyabakti selalu berkolaborasi dengan kewilayahan, karena bentuk kedekatan yang telah terpatri jiwa kemasyarakatan dari TNI yang sudah terbiasa melakukan Program TMD.

Serma Epi Nana, karya bakti saat ini dibantu oleh masyarakat sebanyak 21 orang, sehingga anggota satgas tidak begitu kerepotan dalam menemukan masalah dilapangan. 

"Selain untuk menerapkan regenerasi ke masyarakat ataupun kewilayahan, kami sejak awal berdinas disini sudah merapatkan diri ke masyarakat, supaya tidak kikuk bila bekerja sama dalam hal apapun," kata Epi. 

Menurut Epi, kebersamaan lebih ia utamakan, terlebih untuk menerapkan kelanjutan pemeliharaan sungai kedepan, namun yang lebih utama adalah upaya menerapkan kepedulian ruh dari perpres 15/2018, sehingga benih kepedulian terhadap lingkungan sudah nampak ada. 

"Di daerah ini sebenarnya jiwa gotongroyong itu masih melekat di masyarakat, asal tujuannya baik pasti masyarakat bisa diajak kerja sama, apalagi dalam pembersihan sungai, mudah mudahan hal ini bisa terus terpelihara," imbuh Epi. 

Pembersihan sampah di Sungai Cedok, kebanyakan serpihan daun dan batang ranting pohon yang patah, juga sampah liar berupa plastik tidak begitu banyak.


Pa Enan, seorang warga yang di tua kan di wilayah itu mengatakan, "Kalo saya sih merasa senang dekat sama Tentara, apalagi ada garapan beberesih sungai ya saya ajak saja warga yang lainnya, sambil ngaliwet pan nambah asik, kalo bisa pasukan tentara selalu ada diwilayah kami, soalnya kami dari warga Cikidang merasa nyaman bila ada Tentara disini," ujarnya. 

Selama ini satgas di wilayah sub 16 selalu dekat dan bekerja sama dalam melaksanakan kegiatan, juga melindungi masyarakat dalam hal kegiatan yang positif diwilayahnya. 

(zho)