-->

Header Menu

HARIAN 60 MENIT | BAROMETER JAWA BARAT
Cari Berita

60Menit.co.id

Advertisement


Serma Ujang, Dansub 14 Sektor 22 Citarum Harum Rutin Pasukannya Membersihkan Sungai Ciateul

60menit.com
Kamis, 20 Agustus 2020
Loading...

60menit.com - Serma Ujang (Dansub 14 Sektor 22 Citarum Harum) Rutin Pasukannya Membersihkan Sungai Ciateul, Kamis (20/08/2020).

60MENIT.COM, Bandung | Sungai Ciateul dari anak Sungai Cikapundung, wilayah Kujangsari Bandungkidul berbatasan dengan Kabupaten Bandung, dibersihkan Satgas Citarum Harum sektor 22 sub 14, Kamis (20/08/2020).

Sampah yang tersendat oleh bibir gorong gorong jl. Tol Cipularang wilayah Kujangsari kerap terjadi, hingga memerlukan perhatian khusus dari pembersihannya. 

Menurut Serma Ujang Supriyatna (Dansub 14 sektor 22) bahwa pihaknya dalam seminggu 3 hingga 4 hari sekali membersihkan sampah di wilayah ini, karena tertahan oleh bibir gorong gorong. 

"Apabila dibiarkan, sampah pernah membludak ke bantaran sungai, bahkan saluran air pun akan terkunci, apalagi sehabis hujan sampah sangat banyak menumpuk, " katanya. 


Ditelisik oleh pantauan satgas dan masyarakat, aliran air mengalir lebih rendah walaupun sampah sudah diangkat, seperti pada karya bakti yang dilakukan saat ini sambil memantau lajunya arus air. 

"Debit air sangat kecil ketika sudah dihadapan gorong gorong jl. Tol, dimungkinkan endapan sedimentasi di bawah Jl. Tol sudah banyak dan padat, sehingga arus tertahan sampai disini," jelas Ujang. 

Satgas citarum harum sektor 22 sub 14 sudah melakukan upaya, baik pada pengangkatan sampah maupun sedimentasinya.

"Kami tidak berani masuk ke dalam gorong gorong, ditakutkan ada hal yang tidak diinginkan, hanya bagian yang terjangkau saja yang kami angkat sedimentasinya," imbuh Ujang. 

Sampah tertahan di gorong-gorong Jl. Tol
Ujang pun menambahkna, bahwa kolaborasi antar kewilayahan sudah berjalan sempurna dengan satgas citarum terutama di sub 14 - 22, "kami masif dalam kolaborasi bahkan saya menilai sempurna, soalnya komunikasi dan pergerakan sudah berjalan lancar dan tidak ada kendala," ujarnya. 

Pembersihan sampah rumahan dan rumput liar terus dikerjakan satgas, namun saat ini pasukan gober kewilayahan tidak menyertai dikarenakan hari libur nasional, dengan pasukan 11 orang tim satgas sub 14 bisa membersihkan sungai ciateul sepanjang 750 m. 

(zho)