-->

Header Menu

HARIAN 60 MENIT | BAROMETER JAWA BARAT
Cari Berita

60Menit.co.id

Advertisement


Adanya Berita Dicurigai Genangan Limbah B3, Peltu Seno Bersama Serma Chandra Investigasi Lapangan

60menit.com
Selasa, 15 September 2020
Loading...

60menit.com| Serma Chandra, mengambil sample air yang dihebohkan.

60MENIT.com, Bandung | Satgas Citarum Harum Sektor 22 mengecek lokasi genangan air yang berada diwilayah Sub 5 di Jalan Sulaksana Baru Kelurahan Cicahaeum, Kecamatan Kiaracondong Kota Bandung. Selasa (15/9/2020) dini hari.

Pengecekan ini dilakukan untuk memastikan, terkait adanya pemberitaan bahwa dilokasi tersebut ada genangan air yang selalu berwarna hitam, diduga mengandung limbah B3 (Bau Berwarna dan Beracun), warga menduga ada pabrik yang membuang limbahnya dengan sengaja ke jalan.

Adanya laporan pemberitaan tersebut, dengan Sigap, Sektor 22 Citarum Harum yang dipimpin Dansub 5 (Peltu Seno) yang didampingi Basiops (Serma Chandra) dan warga sekitar mengecek langsung ke lokasi.


Dansub 5 (Peltu Seno), mewakili Dansektor 22, Kol. Inf. Eppy Gustiawan mengatakan, Saat melakukan pengecekan kelokasi, kondisi air telah surut dan hanya terdapat bekas lumpur endapan sisa genangan air.

"Menurut informasi dari warga, bahwa sewaktu hujan tadi ada genangan air, yang berasal dari luapan parit yang ada dilokasi, yang kondisinya tersumbat oleh sampah, Sehingga air meluap ke jalan". Katanya.

Adanya informasi Air selalu berwarna hitam yang diduga limbah pabrik, Peltu Seno menjelaskan, Anggota Satgas Citarum Harum langsung melakukan pengambilan sampel air yang berada dilokasi serta di beberapa titik saluran bersama warga.

"Kami langsung mengambil sampel air yang ada di beberapa titik yang ada dilokasi, hasilnya Air jernih tidak berbau". Jelas Peltu Seno.


Sementara, Satgas Citarum Sektor 22 menegaskan bahwa satgas akan terus melakukan pengawasan secara rutin dan merespon cepat setiap laporan dari warga.

Untuk pantauan dilokasi, kata Peltu Seno, kejadian tersebut adalah aliran yang tersumbat oleh sampah, dan air yang meluber dari limpasan air hujan, dari hasil pengambilan sampel dilokasi hasilnya air jernih dan tidak berbau.


"Kami kedepannya akan terus melakukan koordinasi bersama masyarakat sekitar, jika ada pabrik yang membuang limbahnya tanpa diproses. Maka Kami Satgas Citarum Harum Sektor 22 tidak segan - segan melakukan penutupan saluran air limbahnya". Tegas Peltu Seno.

(**)