-->

Header Menu

HARIAN 60 MENIT | BAROMETER JAWA BARAT
Cari Berita

60Menit.co.id

Advertisement


KPU Kota Metro Umumkan Pendaftaran Pasangan Calon Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Metro Tahun 2020

60menit.com
Rabu, 02 September 2020
Loading...

60menit.com - KPU Kota Metro 

KOMISI PEMILIHAN UMUM KOTA METRO
PENGUMUMAN 
NOMOR : 459/PL.02.2-Pu/1872/KPU -Ko/VIII/2020

TENTANG PEMILIHAN WALI KOTA DAN WAKIL WALI KOTA METRO TAHUN 2O2O

Berdasarkan ketentuan Undang-undang Nomor 6 Tahun 2020 tentang Penetapan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2O2O tentang Perubahan Ketiga atas Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2015 tentang Penetapan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2014 tentang Pemilihan Gubernur, Bupati, dan Walikota menjadi Undang-Undang serta Peraturan Komisi Pemilihan Umum Nomor 5 Tahun 2020 tentang Perubahan Ketiga atas Peraturan Komisi Pemilihan Umum Nomor 15 Tahun 2019 tentang Tahapan, Program, dan Jadwal Penyelelggaraan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, dan/atau Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tahun 2020, bersama ini diumumkan hal-hal sebagai berikut:

1. Waktu dan Tempat Pendaftaran Pasangan Calon Pendaftaran.

Pasangan Calon dilaksanakan selama 3 (tiga) hari dengan rincian:
a. Tanggal : 4 s.d. 6 September 2020
b. Waktu : 
1) Tanggal 4 dan 5 September 2O2O dilakukan pukul 08.00 s.d. 16.00 WlB.
2) Tanggal 6 September 2O2O dilakukan pukul 08.00 s.d. 24.00 WlB.
c. Tempat : Kantor KPU Kota Metro Jalan Letjend. Alamsyah RPN No. 17 Metro.

2. Ketentuan Pendaftaran Pasangan Calon:

a. Bagi Bakal Pasangan Calon Perseorangan, pendaftaran Pasangan Calon Walikota danWakil Walikota dilakukan oleh Bakal Pasangan Calon Perseorangan.

b. Bagi Bakal Pasangan Calon melalui Partai Politik atau Gabungan Partai Politik, pendaftaran Pasangan Calon Walikota dan Wakil Walikota dilakukan oleh, Pimpinan Partai Politik atau Gabungan Partai Politik.

c. Bakal Pasangan Calon Perseorangan, Bakal Pasangan Calon, dan Pengurus Partai Politik atau Gabungan Partai Politik wajib hadir pada saat pendaftaran.

d. Dalam hal Pengurus Partai Politik atau Gabungan Partai Politik, atau salah seorang Bakal Calon atau Bakal Pasangan Calon tidak dapat hadir pada saat pendaftaran, Partai Politik atau Gabungan Partai Politik tidak dapat melakukan pendaftaran, kecuali ketidakhadiran tersebut disebabkan halangan yang dapat dibuktikan dengan surat keterangan dari instansi yang berwenang.

e. Proses Pendaftaran Pasangan Calon Walikota dan Wakil Walikota Metro Tahun 2020 wajib memperhatikan ketentuan-ketentuan protokol kesehatan pencegahan dan penanggulangan covid-19.

3. Ketentuan Persyaratan Pencalonan

a. Partai Polltik dan/atau Gabungan Partai Politik yang dapat mengusulkan Bakal Pasangan Calon wajib memenuhi persyaratan:

1) memperoleh kursi di DPRD Kota Metro paling sedikit 20 % (dua puluh persen) dari jumlah kursi DPRD Kota Metro pada Pemilu Tahun 2019; atau
2) memperoleh suara sah paling sedikit 25% (dua puluh lima persen) dari akumulasi perolehan suara sah pada Pemilu Anggota DPRD Kota Metro Tahun 2019.

Berdasarkan Keputusan KPU Kota Metro Nomor : 139/HK.03.1-Kpt/1872/KPU-Kot/VIII/2020 tanggal 3 Agustus 2020 tentang penetapan Persyaratan Pencalonan untuk Partai Politik atau Gabungan Partai Politik dalam Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota MetroTahun 2020, ditentukan:

1) Jumlah kursi di DPRD Kota Metro paling sedikit 20% dari jumlah kursi hasil PemiluTahun 2019 adalah sebanyak 5 (lima) kursi;

2) Jumlah suara sah paling sedikit 25% dari akumulasi perolehan suara sah pada Pemilu Anggota DPRD Kota Metro Tahun 2019 adalah sebanyak 23.987 suara.(Ketentuan ini hanya berlaku bagi Partai Politik yang mempunyai kursi di DPRD Kota Metro hasil Pemilihan Tahun 2019).

b. PerseoranqanSesuai dengan Keputusan KPU Kota Metro Nomor : 70/HK.03.1-Kpt/1372/KPU-Kot/X/2O19/ tanggal 26 Oktober 2019 tentang Penetapan Jumlah Minimum Dukungan dan Persebarannya untuk Persyaratan Pasangan Calon Perseorangan pada Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Metro Tahun 2020, bahwa persyaratan bagi pasangan calon perseorangan pada Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Metro Tahun 2020 adalah memperoleh dukungan minimal sebanyak 10 % dari Jumlah Mata Pilih dalam Daftar PemilihTetap pada Pemilihan Umum terakhir (114.311), yaitu sebanyak 11.432 dukungan yangtersebar di lebih dari 50% Jumlah Kecamatan di Kota Metro (5 Kecamatan) yaitu, 3 (Tiga) Kecamatan.

4. Persyaratan Bakal Calon 

Bakal Pasangan Calon harus memenuhi persyaratan calon sebagaimana diatur dalam Pasal 4 Peraturan KPU Nomor 1 Tahun 2020 tentang Perubahan Ketiga atas Peraturan KPU Nomor 3 Tahun 2017 tentang Pencalonan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, dan/atau Walikota dan Wakil Walikota.

5. Dokumen Persyaratan Pencalonan dan Persyaratan Calon

a. Didasarkan pada ketentuan Pasal 42 dan Pasal 43 Peraturan KPU Nomor 1 Tahun 2020 tentang Perubahan Ketiga atas Peraturan KPU Nomor 3 Tahun 2017 tentang Pencalonan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, dan/atau Walikota danWakil Walikota.

b. Dokumen persyaratan pencalonan dan persyaratan calon dimasukkan ke dalam map danditulis dengan huruf kapital nama Pasangan Calon dan Partai Politik atau gabungan Partai Politik, atau nama Pasangan Calon Perseorangan.

c. Dibuat dalam 2 (dua) rangkap, meliputi:
1) 1 (satu) rangkap asli; dan
2) 1 (satu) rangkap salinan.

d. Dokumen-dokumen tersebut juga dibuat dalam bentuk Soft Copy diserahkan bersamaan dengan penyerahan Hard Copy.

6. Ketentuan lain-lain

Dalam rangka memenuhi protokol kesehatan sesuai dengan Peraturan Komisi Pemilihan Umum Nomor 6 Tahun 2020 tentang Pelaksanan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati danWakil Bupati dan/atau Walikota dan Wakil Walikota Serentak Lanjutan dalam Kondisi Bencana Nonalam Corona Virus Disease 2019 (COVID-19), maka perlu diperhatikan hal-hal antara lain, sebagai berikut :

a. Berkas dokumen persyaratan pencalonan dan syarat calon harus dimasukkan ke dalam plastik atau dibungkus dengan bahan yang tahan terhadap zat cair;

b. Pembatasan jumlah yang hadir dalam ruangan dengan memperhatikan kapasitas ruangandan jaga jarak minimal 1 (satu) meter, serta dihindari kontak fisik secara langsung,

c. Bapaslon, pengurus Partai Politik/Gabungan Partai Politik dan LO yang hadir di ruangan pendaftaran wajib mengenakan alat pelindung diri berupa masker yang menutupi hidung dan mulut hingga dagu, dan

d. ketentuan-ketentuan protokol kesehatan lainnya.

7. Data dan lnformasi Tahapan Pencalonan

lnformasi lebih lanjut tentang ketentuan Pendaftaran Pasangan Calon Walikota dan Wakil Walikota Metro dapat diperoleh melalui Helpdesk Pencalonan KPU Kota Metro di Kantor KPU Kota Metro Jln. Letjend. Alamsyah RPN No. 17 Metro atau menghubungi nomor telepon (0725) 41486 serta dapat diakses melalui Website KPU Kota Melro kpu-metrokota.go.id.

Demikian untuk maklum dan terima kasih

Metro, 28 Agustus 2020
Ketua Komisi Pemilihan Umum
Kota Metro.

NURRIS SEPTA PRATAMA.

(Adv. KPU Kota Metro)