-->

Header Menu

HARIAN 60 MENIT | BAROMETER JAWA BARAT
Cari Berita

60Menit.co.id

Advertisement


Satgas Sektor 22 Sub 11, Pembersihan Sungai Kembalikan Sanitasi Sutuhnya

60menit.com
Jumat, 18 September 2020
Loading...

60menit.com| Satgas Citarum Harum Sektor 22 sub 11, bersama giber melakukan pembersihan Sungai Cipanjalu, Ujungberung,  Jumat (18/09).

60MENIT.com, Bandung | Serma Andulloh Fawzi, Dansub 11 Sektor 22 bersama aparat kewilayahan mengadakan karya bakti pembersihan Sungai Cipanjalu di Cigending Ujungberung Kota Bandung, Jumat (18/09/2020).

Karya bakti Satgas Citarum Harum Sektor 22 pada pembersihan sungai merupakan upaya mengembalikan sanitasi lingkungan yang selama ini terabaikan hingga rusak karena ulah dan paradigma masyarakat.

Rusaknya sanitasi berdampak pada ekosistem dan biota air tidak bisa hidup di sungai, menandakan parahnya karakter air sungai oleh pencemaran limbah baik domestik, rumahan maupun kimia. 

Atas alasan diatas sangat mendasar pada program citarum harum, Satgas Sektor 22 citarum harum tiap hari bergerilya melalui operasi sungai, sosialisasi dan karya bakti pembersihan sungai ditiap kewilayahan. 

Dansektor 22 citarum harum (Kol. Inf. Eppy Gustiawan), melalui Dansub 11 (Serma Abdulloh Fawzi) merekrut gober Kelurahan dan aparatnya pada pembersihan Sungai Cipanjalu.

"Kami tim satgas Citarum Harum sub 11 sektor 22, bersama tim gober Kel. Pasirendah diawali  di taman Kelurahan Cigending, giat pembersihan Sungai Cipanjalu wil  Rw 06 dan 07, sepanjang 200m,dlm terangkat sampah plastik dan rumput seberat lbh dr 600 kg," jelas Abdulloh.

Volume sampah yang dihasilkan karya bakti ini, menandakan masih aktifnya masyarakat yang membuang sampah sembarangan.

Kasi Ekbang Kelurahan Cigending (Nining) mengatakan, ucapan terimakasih kepada jajaran satgas, setiap hari berkarya dengan beberapa upaya demi terwujudnya sungai dan lingkungan yang bersih.

"Dengan bantuan satgas atas  arahan dan imbauan, sehingga warga  ada yang membuat septiktank individu maupun bersama, baik dari swadaya maupun anggaran pemerintah. harapan kami, program Citarum Harum ini agar tetap ada berjalan, karena sangat berdampak positif bagi sanitasi d lingkungan," ujar Nining. 

Hadir dalam giat ini, Nining (kasi ekbang) dan hanif (staf Kel.  Cugending.

(zho)