-->

Header Menu

HARIAN 60 MENIT | BAROMETER JAWA BARAT
Cari Berita

60Menit.co.id

Advertisement


Serma Abdulloh, Satgas Sektor 22 Dansub 11 Bersama Puluhan Warga Bersihka Sungai Ciwaru

60menit.com
Minggu, 13 September 2020
Loading...

60menit.com:  Serma Abdulloh Fawzi, Satgas Citarum Harum sektor 22 sub 11 bersama masyarakat dan Karang Taruna Pasanggrahan, membersihkan Sungai Ciwaru, Minggu (13/09).

60MENIT.com, Bandung | Satgas Sektor 22 sub 11 dipimpin oleh Serma Abdulloh Fawzi, membawa pasukannya untuk karya bakti bersama pengrajin tahu di wilayah Rw 07 dan 08 Kelurahan Pasanggrahan Kecamatan Ujungberung, Minggu (13/09).

Serma Abdulloh, melakukan giat ini mengajak pula anggota Karang Taruna setempat sebanyak 40 orang, seperti biasa giat diawali apel kesiapan diisi sosialisasi perpres 15 Th. 2018 dan pencegahan penyebaran covid 19 melalui pembagian masker.

Pada paparan sosialisasinya, Serma Abdulloh mengupayakan penerapan marwah Perpres 15/2018 supaya mengikat jiwa kaum milieal harus bisa meneruskan penerapannya kepada masyarakat lainnya untuk memiliki paradigma yang cinta kebersihan lingkungan. 


Dikesempatan yang sama, Heri (mewakili pengrajin tahu) mengucakan terima kasih kepada satgas Citarum Harum, selama ini membantu dan membimbing mereka dalam pola hidup bersih dan sehat, dan ini sangat berpengaruh pada pemajuan usaha mereka. 

Adalah, Rizqi (Ketua Karang Taruna Pasanggrahan) mengatakan, "Mengenai limbah tahu, memang bagus dengan diadakannya kerja bakti itu, supaya jalannya limbah tidak tersumbat, cuman sepertinya tidak akan efektif mengenai kegiatan itu untuk limbah tahu, karna limbah tetap dibuang ke sungai dan kita tidak akan ada hasil dari kegiatan kerja bakti itu," kata Heri. 


Menjawab ucapan diatas ia pun pernah membuat solusi ini, "Program IPAL untuk mengolah limbah tahu menjadi pupuk buat para petani, kita pun sudah mengujinya dan menelitinya, bahkan dari kami sudah pernah menjalankan program tersebut, tapi terkendala dengan ijin lahan dan yang lainnya," katanya. 

Karyabakti pembersihan dan pengangkatan sampah dan dedaunan di Sungai Ciwaru Pasanggrahan, sepanjang 300m, sampah yang terangkat seberat lebih dari 450 kg.

(zho)