-->

Header Menu

HARIAN 60 MENIT | BAROMETER JAWA BARAT
Cari Berita

60Menit.co.id

Advertisement


Kolonel Eppy Gustiawan, Memantau Kekompakan Kewilayahan Pada Reaksi Program Citarum Harum

60menit.com
Selasa, 20 Oktober 2020
Loading...

60menit.com | Kol. Inf. Eppy Gustiawan, S.I.P., (Dansektor 22) pada Kunjungan Karbak Sub 11 di Cipadung Kulon Panyileukan, Selasa (20/10).

60MENIT.com, Bandung | Kol. Inf. Eppy Gustiawan (Dansektor 22) Citarum Harum, meninjau kegiatan karya bakti sub 11 bertempat di Rw 5 Kelurahan Cipadung Kulon Kecamatan Panyileukan, Kota Bandung, Selasa (20/10).


Pada kunjungannya, Dansektor 22 disambut oleh Danramil 0618-11 (Mayor Yuyus) dan Camat Panyileukan (Dra. Sri Kurniasih, M.A.P.,), Lurah Cipadung Kulon (Hendra) dan beberapa staf lainya dari Kecamatan Panyileukan. 


Pada kesempatan itu Kol. Inf. Eppy Gustiawan menyampaikan, fungsi satgas Citarum Harum adalah menjalankan Peraturan Presiden No. 15 Tahun 2018, salahsatunya adalah pasal 6.


Yaitu menetapkan kebijakan Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan DAS Citarum secara terintegrasi dan berkelanjutan, memberikan arahan dalam pelaksanaan tugas Satgas, termasuk untuk penyempurnaan, pencabutan, dan / atau penggantian ketentuan peraturan perundang-undangan yang tidak mendukung atau menghambat upaya Pengendalian DAS Citarum, dan untuk mengambil langkah mitigasi dampak sosial yang timbul dalam upaya Pengendalian DAS Citarum.


Maka, sesuai pasal diatas bahwa Satgas Citarum Harum memiliki kewenangan dalam pengaturan restorasi mitigasi sungai sesuai dengan fungsinya, dengan tujuan percepatan pengendalian pencemaran maupun memperlancar aliran sungai dan penataan bantarannya sebagai pendukung pada kelancaran program Citarum Harum. 


Namun demikian, hal ini sangat kurangnya pendukungan dari Pemerintah Daerah (Pemda-Kota dan Kabupaten) dengan alasan terkendala berbagai hal. Padahal sesuai fungsinya bahwa Pemda mengikuti dan manut pada arahan dan anjuran Satgas Citarum (dalam hal ini Dansektor).



Dilain sisi, Dansub 11 (Serma Abdulloh Fawzi) memimpin karya bakti dilakukan bersama tim gober kelurahan, membersihkan Sungai Cihampelas Panyileukan di wilayah Rw 05 kel Cipadung kulon, sehingga kekompakan dari kewilayahan bisa terpantau langsung oleh Dansektor 22.


Setelahnya, Dansektor 22  melanjutkan tinjauan pada pembangunan kolam retensi yang berada di area Pasar Induk Gede Bage, kelurahan Mekarmulya kec. Panyileukan.


(zho).