-->

Header Menu

HARIAN 60 MENIT | BAROMETER JAWA BARAT
Cari Berita

60Menit.co.id

Advertisement


Kolonel Eppy, Idealnya Masyarakat Miliki Septictank Untuk Benahi Pencemaran Sungai

60menit.com
Jumat, 02 Oktober 2020

60menit.com|* Dansektor 22 Citarum Harum (Kol. Inf. Eppy Gustiawan) bersama Dansub 14-22 (Sertu Agus T.)

60MENIT.com, Bandung | Dalam rangka HUT TNI Ke-75 dan HJKB ke 210, Dansektor 22 Citarum Harum Kol. Inf. Eppy Gustiawan meninjau langsung karya bakti wilayah Sub 4 di Sungai Cikapundung Rw. 4 perbatasan Kelurahan Ancol Kecamatan Regol dan Kelurahan Cikawao Kecamatan Lengkong Kota Bandung, Kamis, (1/10/2020).


Tujuan dilaksanakan karya bakti ini adalah untuk membangkitkan semangat warga, dalam menjaga kebersihan lingkungan khususnya kebersihan di sepanjang sungai, sehinga akan tercipta lingkungan yang bersih dan sehat. 


"Sungai masih terbilang kotor akibat limbah kotoran, karena masih rendahnya kesadaran masyarakat dalam membuang tinja pada tempatnya atau Open Defection Free (ODF)," kata Dansektor 22 Kol. Inf. Eppy Gustiawan. Kamis (1/10/2020).


Rendahnya ODF, Menurut Dansektor, terbukti dengan masih banyaknya masyarakat yang tidak memiliki Septic tank sehingga membuang tinjanya secara langsung ke sungai. 


"Padahal idealnya masyarakat memiliki septic tank komunal untuk mengatasi hal tersebut," Tuturnya.


Ia mengimbau kepada masyarakat agar tidak membuang sampah dan tinjanya langsung ke aliran sungai. Sebab akan berdampak buruk bagi kehidupan mereka. 


"Karena kebersihan itu kepentingan semua masyarakat, dengan bersih tidak ada lagi sumber penyakit dari kotoran dan sampah," Pungkasnya. (M. Warman)