-->

Header Menu

HARIAN 60 MENIT | BAROMETER JAWA BARAT
Cari Berita

60Menit.co.id

Advertisement


Peringati HUT Ke-75 TNI, Dansektor 6 Gelar Tanam Pohon Dibantaran DAS Citarum

60menit.com
Senin, 05 Oktober 2020


60menit.com - Pelaksanaan penanaman pohon di bantaran sungai Citarum sektor 6

60MENIT.COM, Bojongsoang - Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-75 TNI, Dansektor 6 Satgas Citarum Harum Kolonel Arh Didik Suswandi menggelar tanam pohon bersama di bantaran DAS Citarum di Desa Bojong Sari Kecamatan Bojongsoang Kab. Bandung, Senin (5/10/2020).




Kegiatan tanam pohon ini dilakukan bersama masyarakat, Ormas dan aktivis lingkungan. Untuk sementara pohon yang ditanam sebanyak 350 pohon produktif terdiri dari pohon mangga, rambutan, jengkol, duku dan pohon petai.


Dansektor 6 Kolonel Arh Didik Suswandi usai melaksanakan penanaman pohon mengatakan, " penanaman pohon ini kami lakukan dalam rangka memperingati HUT ke-75 TNI sekaligus  untuk memberikan motovasi kepada masyarakat agar mau peduli dan mau menjaga lingkungannya " ucapnya


60menit.com -  Kolonel Arh Didik Suswadi saat berikan keterangan kepada awak media

Lebih lanjut, menurutnya ratusan pohon yang ditanam merupakan tanaman keras terdiri dari pohon mangga, jengkol, petai, durian dan dukuh. Selain itu bantaran sungai citarum juga ditanami dengan tanaman vertiper tanaman yang berakar kuat yang dapat menahan abrasi.


" Tanaman yang kita siapkan sebanyak 5.000 sampai dengan 10.000 pohon dan pelaksanaannya bertahap, sementara yang baru kita tanam hari ini sekitar 350 pohon. Kegiatan ini diharapkan dapat menghidupkan kembali DAS Citarum. Jadi kita lakukan penghijauan dengan tanaman keras dan tanaman buah-buahan apabila sudah berbuah dapat dinikmati oleh masyarakat", terang Kolonel Didik



Ia juga mengajak kepada masyarakat untuk ikut berpartisipasi memelihara lingkungan DAS Citarum dengan tidak membuang sampah sembarangan dan menanam pohon yang manfaatnya bisa dirasakan kemudian hari. " Tentang progres penanganan Sungai Citarum, sejauh ini kami sudah menata  DAS Citarum serta mengangkat sedimen yang berpotensi dapat menyebabkan terjadinya banjir, " tandas Dansektor 6 Kolonel Arh Didik Suswandi. (T.Pro/Pendam III/Siliwangi).