-->

Header Menu

HARIAN 60 MENIT | BAROMETER JAWA BARAT
Cari Berita

60Menit.co.id

Advertisement


Satgas Sektor 22 Citarum Harum, Terus Telusuri Tertibkan Ipal Pelaku Industri

60menit.com
Sabtu, 17 Oktober 2020
Loading...

60menit.com | *Satgas Sektor 22 Citarum Harum, Terus Telusuri Tertibkan Ipal Pelaku Industri.

60MENIT.com, Bandung  | Satgas Citarum Sektor 22 terus melakukan upaya pengendalian pencemaran sungai, baik dari sampah domestik maupun limbah industri dan limbah lainnya, untuk percepatan revitalisasi pencemaran sungai citarum sesuai perpres No.15 tahun 2018.


Dansektor 22, Kol. Inf. Eppy Gustiawan didampingi kewilayahan kembali melakukan sidak dibeberapa hotel dan restoran di wilayah Ciumbuluit, hal ini dilakukan untuk mengetahui sejauh mana fungsi ipal yang dikelola para pengusaha hotel dan restoran.


"Sidak dilakukan dengan kurun waktu yang kita atur, karena membutuhkan waktu dengan pengambilan sampel atau data untuk pemeriksaan Lab, maka butuh waktu untuk mengetahui hasilnya". Kata Kol. Eppy Gustiawan. Jum'at (16/10/2020).


Dari hasil sidak yang dilakukan hari ini menurut Eppy, ada beberapa temuan dilapangan terjadi hal yang sama dengan hasil sidak yang telah dilakukan sebelumnya.



Eppy menjelaskan, beberapa hal yang ditemukan dilapangan diantaranya, tidak adanya keterbukaan dari pemilk usaha, masalah ijin lingkungan, kurangnya pemahaman terkait Ipal, tidak adanya kepedulian lingkungan dan perlu adanya pengawasan secara rutin dari fungsi terkait.


"Beberapa hal di atas perlu kita tindaklanjuti sehingga permasalahan yang ada kita lakukan pembinaan dan wawasan kepada pemilik usaha". Tutur Eppy.


Eppy berharap, dari hasil sidak dan proses laboratorium bila ada permasalahan para pemilik usaha hotel dan resto agar melakukan upaya sehingga adanya penyelasaian dalam kurun waktu yang ada.


"Bila tidak ada upaya dari pemilik usaha maka akan dilakukan tindakan". Tegas Eppy.


Ditempat yang sama, Lia Kamalia selaku Kasie Ekbang kecamatan Cidadap menyampaikan, "Kami dari kewilayahan akan melakukan pembinaan dan evaluasi kembali serta melakukan koordinasi dengan satgas citarum harum agar ada solusinya". Katanya.


Menurut Lia, kegiatan ini sangat positif karena satgas citarum harum sangat membantu dan hasil kinerjanya sudah kelihatan. "Selama ini kami dari kewilayahan selalu melakukan kolaborasi dengan satgas Citarum harum". Pungkas Lia Kamalia. (M. Warman)