-->

Header Menu

HARIAN 60 MENIT | BAROMETER JAWA BARAT
Cari Berita

60Menit.co.id

Advertisement


Serma Abdulloh, Satgas Sektor 22 Dansub 11 Edukasi dan Pimpin Karbak di Sungai Cijangjawa

60menit.com
Minggu, 18 Oktober 2020
Loading...

60menit.com | Serma Abdulloh, Satgas Sektor 22 Dansub 11 Edukasi dan Pimpin Karbak di Sungai Cijangjawa.

60MENIT.com, Bandung | Team Satgas Citarum Harum Sektor 22 Sub 11 bersama warga Rt 05 Rw 04 Kelurahan Cisaranten Wetan, melaksanakan giat karya bakti pembersihan Sungai Cijangjawa di perbatasan Rw 01 Kelurahan Pakemitan Kecamatan Cinambo, Minggu (18/10/2020). 


Pemaparan apel pagi, Dansub 11 - 22 (Serma Abdulloh Fawzil) menyampaikan sosialisasi Perpres 15 Tahun 2018 kepada warga peserta apel, bahwa Pasukan TNI khusus mendapat mandat mulia dari Panglima untuk membereskan permasalahan kotornya sungai, termasuk penertiban para pelaku industri yang tidak menggunakan Ipal dan mengedukasi kepada masyarakat supaya benar dalam memperlakukan sungai dan lingkungannya. 


"Merupakan Darurat Negara, permasalahan kotornya Sungai Citarum hingga mendapat julukan sungai terkotor se Dunia, maka kami dari TNI harus turun membereskannya, bernaung dari Perpres 15/2018 semua sungai harus bersih dan masyarakatpun harus tertib supaya sungai kembali menjadi sumber hidup dan penghidupan," singkat Abdulloh. 


Abdulloh pun mengajak kepada warga, selain apik dalam berprilaku sehari hari memelihara kebersihan sungai supaya terjamin dan berkelanjutan, juga permasalahan ini bukan khusus tugas TNI saja, tapi merupakan tugas semua pihak (Pentahelix) untuk bergerak bersama sama dengan perwujudan satu tujuan dan butuh perlindungan pemerintah dalam pendisiplinanya, yaitu Sungai Tempat Bersuci sehingga terbebas dari segala pencemaran.



Pa Haris, salahsatu warga pemilik Rumah Eqah di Rt 05 Rw 04, mengucapkan terima kasih kepada Satgas Sub 11, bahwa ada giat karbak disertai sosialisasinya sehingga dirinya mulai faham atas maksud dan tujuan adanya satgas Citarum Harum. 


"Awalnya saya pribadi senang dengan adanya satgas citarum yang bertugas membersihkan sungai, ternyata ini salah, karena ini merupakan kewajiban kita bersama, saya sangat setuju dengan tujuan dan makna adanya satgas, saya berharap semua wargapun bisa mengerti tentang kewajiban pemeliharaanya, kalo bukan sama kita mau sama siapa lagi sungai bisa bersih," ucap Haris. 


Satgas Citarum Harum, sebagai pengawal suksesi program Citarum Harum. Seperti yang ditegaskan oleh Dansektor 22 (Kol. Inf. Eppy Gustiawan) memasifkan pergerakan karya bakti pembersihan sungai dengan menggerakan masyarakat dan aparat kewilayahan, bahkan harus tegas menertibkan pelaku industri yang masih membuang limbahnya tanpa kelola IPAL yang benar. 


(zho).