-->

Header Menu

HARIAN 60 MENIT | BAROMETER JAWA BARAT
Cari Berita

60Menit.co.id

Advertisement


Mahasiswa UPI Kembangkan Aplikasi Kalkulator Pembagi Tegangan

60menit.com
Minggu, 13 Desember 2020
Loading...

60menit.com | Aplikasi Kalkulator Pembagi Tegangan untuk menunjang belajar mahasiswa teknik, karya Mahasiswa UPI. 

Mahasiswa UPI Kembangkan Aplikasi Kalkulator Pembagi Tegangan untuk menunjang belajar mahasiswa teknik


60MENIT.com, Purwakarta | Empat mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) dari program studi Sistem Telekomunikasi kampus Daerah Purwakarta berhasil mengembangkan aplikasi kalkulator berbasis android sebagai alat bantu belajar mahasiswa rumpun elektronika, bernama “Calculator Voltage Divider V.1.1”.


Aplikasi tersebut dapat dipakai untuk mempermudah mahasiswa dalam menemukan tegangan output dari suatu rangkaian pembagi tegangan. Selain itu, aplikasi ini dapat membantu untuk menemukan kombinasi R1 dan R2 untuk mendapatkan Vout yang telah ditentukan, dengan cepat dan tepat.


Menurut ketua kelompok dari pembuat aplikasi Calculator Voltage Divider, Sadam Fauzi, aplikasi ini memiliki fitur-fitur yang dapat dipakai oleh mahasiswa untun belajar secara khusus tentang pembagi tegangan. Pembagi tegangan merupakan salah satu konfigurasi Resistor yang sudah pasti diajarkan kepada mahasiswa teknik rumpun elektro, tak terkecuali teknik telekomunikasi. Di UPI sendiri, subbahasan ini diajarkan di Matakuliah Elektronika Dasar.


“Kami desain Aplikasi ini dengan memperhatikan aspek user-friendly, menarik, serta sederhana dalam penggunaannya,” imbuhnya.


Halaman awal dari aplikasi ini menampilkan fitur dasar teori dimana melalui fitur ini,

Pengguna dapat lebih mendalami materi tekait rangkaian pembagi tegangan dan disertai contoh-contoh soal relevan. Terdapat dua submenu pada fitur home yang dapat digunakan sesuai kebutuhan pengguna yaitu _Find Vout_ dan _Find R1 & R2_.


Dalam pengembagannya, tim yang beranggotakan Sadam Fauzi, Esa Noer Fadhila, Adisty Nurrahmah, dan Vina Fujiyanti, ini dibimbing dan diarahkan oleh Syifaul Fuada, S.Pd., M.T. (Dosen S1 Sistem Telekomunikasi UPI Purwakarta), mulai dari konsep hingga proses revisi aplikasi.


“Diharapkan aplikasi ini nantinya tidak hanya digunakan sebagai alat bantu untuk mahasiswa rumpun elektro saja, melainkan anak SMP dan SMA karena beberapa sekolah di jenjang tersebut sudah ada ekstrakulikuler robotika dan elektronika,” tuturnya.


“Alhamdulullah, Aplikasi Calculator Voltage Divider telah mendapatkan sertifikat hak cipta dari Kementrian Hukum dan Hak Asasi Manusia Direktur Jendral Kekayaan Intelektual dan juga dapat ditemukan di Playstore, saya berharap mudah-mudahan ada manfaat yang diambil,” pungkas Sadam.


(Febi F.)