-->

Header Menu

HARIAN 60 MENIT | BAROMETER JAWA BARAT
Cari Berita

60Menit.co.id

Advertisement


Pangdam III/Siliwangi ; Infanteri Profesional Kuat Bersama Rakyat

60menit.com
Sabtu, 19 Desember 2020



60MENIT.COM, Bandung - Pangdam III/SiliwangiMayjen TNI Nugroho Budi Wiryanto, pimpin syukuran Hari Infanteri ke- 72 tahun 2020 bertempat di Ruang Siliwangi Makodam III/Slw Jl. Aceh No. 69 Kota Bandung, Sabtu (19/12/2020).



Hadir pada kegiatan ini, Kasdam III/Slw Brigjen TNI Kunto Arief Wibowo Irdam III/Slw, Kapoksahli Pangdam III/Slw, para Komandan Korem jajaran Kodam III/Slw, para Asisten Kasdam III/Slw serta para Kabalakdam III/Slw.


Pada acara tersebut, Pangdam III/Slw membacakan sambutan Danpussenif Kodiklatad Letjen TNI Besar Harto Karyawan yakni menggali satu di antaranya catatan peristiwa penting yang menjadi tonggak sejarah Infanteri adalah peristiwa saat menghadapi agresi militer Belanda II tanggal 19 Desember 1948, dimana pada saat itu, Panglima Besar Jenderal Sudirman mengeluarkan perintah kilat No. 1/Pb/d/1948 dan menjalankan perintah siasat No. 1/1948 tanggal 12 Juni 1948.



Dengan melaksanakan perang rakyat semesta. pasukan yang hijrah melaksanakan aksi wingate (Infiltrasi) dengan cara long march kembali ke wilayah masing-masing dan membentuk wehrkreise (kantong-kantong kekuatan) sebagai titik-titik kuat pertempuran gerilya. 


Dari peristiwa tersebut, kita mendapatkan nilai heroisme yang sarat dengan jiwa pengabdian militansi yang tinggi dan tangguh sebagai pertempuran terdepan dalam menjaga kedaulatan NKRI merupakan refleksi potret perjuangan tanpa akhir, tidak kenal menyerah dan kerelaan berkorban demi kepentingan bangsa dan negara adalah perwujudan nilai-nilai perjuangan yang perlu  dilestarikan kepada generasi penerus prajurit infanteri, terangnya.



HUT Infanteri tahun ini mengusung tema “Infanteri Profesional Kuat Bersama Rakyat” dalam makna ini, merupakan cerminan jati dirinya sebagai tentara rakyat tentara pejuang tentara nasional dan tentara profesional. Prajurit Infanteri bersama rakyat serta komponen bangsa lainnya siap mendukung tugas pokok TNI AD sebagai komitmen dan tekad yang kuat serta militan sebagai petarung yang handal dalam pertempuran menjaga kedaulatan NKRI.


Danpussenif berharap, dengan adanya peringatan dan syukuran Hari Infanteri, jadikan sebagai komitmen bersama untuk benar-benar dipahami dan dihayati serta diimplementasikan melalui langkah dan tindakan nyata secara konsisten, sesuai dengan peran, tugas dan fungsi serta tanggung jawab masing-masing. (T.Pro/Pendam III/Siliwangi).