-->

Header Menu

HARIAN 60 MENIT | BAROMETER JAWA BARAT
Cari Berita

60Menit.co.id

Advertisement


Wakapolresta Bandung Pantau Operasi Lilin Lodaya 2020 ke Pos Pelayanan Kawah Putih

60menit.com
Jumat, 25 Desember 2020

60menit.com | Wakapolresta Bandung Pantau Langsung Operasi Lilin Lodaya 2020 ke Pos Pelayanan Kawah Putih dan Pelaksanaan Rapid Test Antigen di Area Wisata Oleh Biddokes Polresta Bandung.

60MENIT.com, Ciwidey | Wakapolresta Bandung meninjau langsung Operasi Lilin Lodaya 2020 ke Pos Pelayanan Kawah Putih yang dibarengi dengan Rapid Test Antigen yang digelar di pintu keluar wisata kawah putih tepatnya di Jalan raya Ciwidey - Rancabali Desa Alamendah Kec. Rancabali Kab. Bandung 40973 Jawa Barat. Kamis (24/12/2020).


Kegiatan diawali dengan apel bersama seluruh personel yang terlibat dalam Ops Lilin Lodaya 2020 diantaranya anggota Polresta Bandung, Polsek Ciwidey, Koramil 2414 Ciwidey, Satpol PP, Dishub, tenaga kesehatan dari Biddokes Polresta Bandung berikut dari Puskesmas Ciwidey - Rancabali serta Muspika Kecamatan Rancabali.


Wakapolresta Bandung AKBP Dwi Indra Laksmana, S.I.K., M.Si yang didampingi oleh Kapolsek Ciwidey AKP Hadi Mulyana, S.H., M.H turut hadir dalam kegiatan tersebut menuturkan, pihaknya sangat mendukung kebijakan pemerintah dalam penanganan penyebaran Covid-19 melalui operasi lodaya 2020 dibarengi pelaksanaan Rapid Test Antigen tersebut.


Menurutnya, angka terkonfirmasi Covid-19 yang masih terus bertambah harus direspon cepat dan segera diambil tindakan agar penyebaran tidak semakin meluas. Salah satunya dengan langkah Rapid Test Antigen yang dilakukan dengan skala prioritas bagi pengunjung wisata yang berasal dari luar Kabupaten Bandung yang bertujuan mencari destinasi wisata di wilayah Hukum Polsek Ciwidey.


“Selama ini kegiatan Ops Lilin Lodaya 2020 sudah tergelar semua oleh jajaran, namun dalam rangka perayaan Natal dan tahun baru 2021 akan disertai dengan Rapid Test Antigen untuk mendeteksi dan mencegah kluster baru di wilayah Kabupaten Bandung khususnya daerah wisata yang lumayan banyak pengunjungnya.” Ujar AKBP Dwi.


Masih kata AKBP Doni, saat ini Polresta Bandung tengah menggaler operasi lilin lodaya 2020 dan sudah mendirikan pos pengamanan serta menempatkan personel di tempat-tempat strategis maupun obyek wisata yang salah satu tugasnya adalah melakukan sosialisasi dan edukasi terkait dengan prototokol kesehatan termasuk dapat digerakkan membackup dalam penertiban atau operasi yustisi yang rutin dilakukan oleh semua jajaran dan semua pihak yang terlibat dalam pelaksanaannya.


“Untuk pemberlakuan jam malam sementara ini tidak ada, tetapi kita tetap antisipasi dengan pembatasan di tempat-tempat tertentu yang berpotensi terjadinya kerumunan.” Imbuhnya


Lebih lanjut AKBP Dwi menegaskan bahwa saat ini Kapolri telah menerbitkan Maklumat nomor: Mak/ 4 /XII/2020 tentang Kepatuhan Terhadap Protokol Kesehatan Dalam Pelaksanaan Libur Natal Tahun 2020 dan Tahun Baru 2021, tanggal 23 Desember 2020.


Adapun isi dari maklumat tersebut antara lain untuk tidak menyelenggarakan pertemuan/kegiatan yang mengundang kerumunan orang banyak di tempat umum berupa perayaan Natal dan kegiatan keagamaan di luar tempat ibadah, pesta/perayaan malam pergantian tahun, arak-arakan, pawai dan karnaval dan pesta penyalaan kembang api.


“Mari bersama kita patuhi maklumat ini dengan penuh kesadaran untuk Kab. Bandung bebas dari Covid-19” Ujarnya


Sementara itu, Kapolsek Ciwidey AKP Hadi Mulyana, S.H., M.H selaku Ka Pos Yan Kawah Putih menambahkan bahwa kegiatan Rapid Test Antigent ini  menjelang perayaan Natal tahun 2020 dan tahun baru 2021 serta dalam rangka pengurangan risiko di dalam wilayah hukum Polsek Ciwidey.


“Pelaksanaan Ops Lilin Lodaya 2020 dan Rapid Test Antigen dilakukan akan secara bertahap dan dibagi menjadi beberapa fase dan di laksanakan di wilayah hukum Polsek Ciwidey dan dilaksanakan secara random kepada pelaku perjalanan wisata yang masuk ke Are wisata saat libur Natal dan tahun baru 2021.” Ujarnya saat di konfirmasi oleh Kasi Humas Polsek Ciwidey Polresta Bandung Bripka Ganda.


Dari pelaksanaan operasi lilin lodaya 2020 serta 14 sampel Rapid Test Antigen secara random, keseluruhan menunjukkan hasil non rekatif. Operasi lilin lodaya 2020 dan Rapid Test Antigen itu sendiri menurut rencana akan dilaksanakan mulai hari ini hingga tanggal 4 Januari 2021 mendatang..

(Polresta Bandung).