-->

Header Menu

HARIAN 60 MENIT | BAROMETER JAWA BARAT
Cari Berita

60Menit.co.id

Advertisement


Oftimalisasi Bibit Tanaman, Subsektor Pembibitan Sektor 22 Persiapkan Tanaman Subur dan Sehat

60menit.com
Jumat, 15 Januari 2021
Loading...

60menit.com | Satgas Sektor 22 Sub 15 (pembibitan) upayakan tanaman sehat dan subur, Jumat (15/01).


60MENIT.com, Bandung | Subsektor Pembibitan (sub 15 sektor 22) Citarum Harum, rutin melakukan pemeliharaan bibit tanaman pasca penyemaian mandiri. 


Seperti yang diutarakan Dansub Pembibitan Sektor 22, Sertu Eko di lokasi bahwa bersama anggotanya tiap hari memelihara dan terus memantau hasil pembibitan melalui penyemaian dengan biji. 


"Hari ini kami melaksanakan perawatan bibit pohon durian dengan cara diberi pupuk NPK dan pembersihan gulma, supaya pohon bisa tumbuh dengan normal," jelas Eko. 


Sebagai upaya untuk menyiapkan bibit pohon yang sehat, Sertu Eko bersama anggota konsisten melakukan pemeliharaan bibit pohon dari lahan seluas 3 Ha, dipenuhi bibit berbagai jenis tanaman keras.


Hal ini sektor pembibitan dengan melakukan pemupukan sesuai jenis tanaman yang mengandung unsur N=Nitrogen, P=Pospor dan K=Kalium.


"Masing masing bibit beda kebutuhan jenis pupuknya, yaitu Unsur N buat Hijau daun, unsur P buat Batang dan Unsur K adalah buat kebutuhan tanaman buah," kata Eko

 

Anggota sub pembibitan ini juga bisa merawat bibit pohon dengan upaya penanggulangan hama dengan penyemprotan cairan insektisida maupun vestisida dengan jadawal yang berpatok pada usia tanam dan jenis tanaman berbeda maka beda pula jenis cairan obatnya. 


Pemupukan Bibit Pohon Durian


Dikatakannya bahwa dengan jadwal yang berbeda kami sesuaikan dengan usia tanam dimasing masing bibit pohon terus bergulir tiap harinya.


"Saat ini kami juga melakukan pembenahan pohon dengan memasukan bibit tanaman Pohon Sengon Buto ke dalam polibag nurcesery sebanyak 150 batang dan bibit pohon Ki Hujan (Trembesi) sebanyan 1000 batang," jelasnya. 


Masing masing bibit kini baru masuk ke usia 3 bulan, untuk mencapai usia tanam supaya tidak mengalami gagal tanam tepatnya usia pohon 1 hingga 2 tahun.


"Kami ada stok bibit untuk rencana tanam paling bulan Desember 2021, soalnya bila dipaksakan ditanam bibit yang berusia kurang dari satu tahun nutrisi alaminya akan terputus, maka riskan untuk tumbuh normal bahkan bisa pula akan mengalami gagal tanam," tutup Eko.  


(zho)