-->

Header Menu

HARIAN 60 MENIT | BAROMETER JAWA BARAT
Cari Berita

60Menit.co.id

Advertisement


Pangdam III/Slw Uji Coba Kendaraan Hasil Inovasi Prajurit Paldam

60menit.com
Sabtu, 09 Januari 2021

60menit.com - Pangdam III/Siliwangi saat uji kendaraan hasil inovasi prajurit Paldam

60MENIT.COM, Bandung - Kemajuan teknologi kian hari semakin pesat perkembangannya. Hal tersebut membuat hampir semua aspek kehidupan manusia menjadi terbantu dengan adanya teknologi modern, seperti halnya dalam dunia transportasi.



Beberapa perusahaan yang tengah gencar dengan transportasi masa depan. Ide mereka adalah membuat kendaraan yang tak perlu dikendarai. Ada juga dengan menggunakan software canggih, sebuah mobil dapat berkendara secara otomatis tanpa perlu dikendalikan, atau yang disebut Driverless Car.


Lain hal, dengan karya inovasi yang dilakukan oleh Prajurit dari satuan Bengrah 3 Bandung Paldam III/Siliwangi yaitu Peltu Ujang Setiawan. Ia alumni STM Prakarsa Internasional Bandung, memodofikasi kendaraan dan memanfaatkan dari berbagai kendaraan yang sudah tidak dapat digunakan.


Peltu Ujang, berinovasi dari kendaraan yang sudah tidak dapat digunakan diantaranya mengambil rangka/casis dan gardan dari motor triseda, untuk mesin dari mesin bekas dongpeng atau mesin diesel, transmisi bekas mobil kijang, as kemudi stir bekas mobil kijang, stir pakai bekas motor GL, sistim rem atau dist brake bekas mobil kijang juga, sementara body membuat dari plat ukuran 08 mm, dan velk bekas motor triseda dan ukuran ban 10 inci.



Selain itu, ia juga memodifikasi kendaraan roda dua menjadi roda empat. Bermula memodifikasi sebuah motor dengan desain yang cukup identik dengan kendaraan roda empat, sejenis kendaraan Buggy.


Peltu Ujang mengakuinya, ide dan modifikasi kendaraan itu, atas arahan dan bimbingan langsung dari Bapak Kasdam III/Slw Brigjen TNI Kunto Arief Wibowo, Ia melaksanakan pekerjaan dibantu oleh empat personel lainnya, ujarnya, Sabtu (9/1/2021).


Tak ayal, hasil kerja dan inovasi mendapat pujian dari Pangdam III/Slw Mayjen TNI Nugroho Budi Wiryanto. Bahkan Pangdam III/Siliwangi mencoba kendaraan tersebut yang di dampingi langsung oleh Ketua Persit Kartika Chandra Kirana PD III/Siliwangi Ny. Suci Nugroho Budi Wiryanto.


" lanjutkan karya inovasi dan terus sempurnakan, apalagi ini menggunakan kendaraan yang sudah tidak bisa digunakan, luar biasa", ujar Pangdam III/Slw Mayjen TNI Nugroho Budi Wiryanto. (T.Pro/Pendam III/Siliwangi).