-->

Header Menu

HARIAN 60 MENIT | BAROMETER JAWA BARAT
Cari Berita

60Menit.co.id

Advertisement


Wujudkan Mimpi Warga Terpencil, Kodam III/Siliwangi Bangun Jembatan Gantung

60menit.com
Rabu, 06 Januari 2021


60menit.com - Pangdam III/Siliwangi saat resmikan jembatan gantung diwilayah Garut 

60MENIT.COM, Garut - Wujudkan mimpi warga masyarakat di dua desa, Kodam III/Siliwangi membangun “Jembatan Gantung” yang menghubungkan Desa Depok dan Desa Paas yang masuk wilayah Kecamatan Cisompet, Kabupaten Garut, Jawa Barat.



Semula Jembatan Gantung yang membentang di atas Sungai Cikaso ambruk akibat terjangan banjir pada Oktober 2020 lalu. Semula harapan dan keinginan warga masyarakatpun pupus, namun hari ini telah dapat direalisasikan dan telah diresmikan oleh Pangdam III/Slw Mayjen TNI Nugroho Budi Wiryanto, Rabu (6/01/2021).


Pada peresemian Jembatan Gantung yang diberi nama "Jembatan Gantung Simpay Asih" Pangdam III/Siliwangi mengatakan," keberadaan jembatan Gantung ini bagi warga masyarakat sangat penting dan strategis, bukan hanya sebatas sebagai sarana akses penghubung antara wilayah. Jembatan ini sangat berpengaruh besar terhadap aktivitas sosial ekonomi masyarakat dan juga stabilitas pertahanan wilayah, khususnya warga masyarakat yang berada di Desa Depok dan Desa Paas Kecamatan Cisompet Kabupaten Garut serta warga di sekitarnya yang memanfaatkan keberadaan Jembatan Gantung tersebut", ujar Pangdam



Dengan berfungsinya kembali Jembatan Gantung ini, lanjut Pangdam, diharapkan mampu memberikan inspirasi serta motivasi kepada masyarakat untuk meraih kehidupan dan kesejahteraan yang lebih baik, sekaligus bisa menjadi model bentuk kepedulian sosial yang solutif dalam membantu menyelesaikan kesulitan warga masyarakat di daerah terpencil.


Pangdam juga menyampaikan kemampuan pemerintah yang masih terbatas dan belum bisa menjangkau ke seluruh pelosok wilayah, sehingga keterlibatan masyarakat melalui program kepedulian, baik yang bersifat fisik maupun non fisik sangat dibutuhkan.



" Untuk itu, saya sangat memberikan apresiasi kepada Yayasan Budha Tzu Chi yang memiliki komitmen untuk membantu warga masyarakat dengan berbagai program dan aksi kepeduliannya yang satu diantaranya adalah membantu membangun jembatan gantung yang berada di Kecamatan Cisompet Kabupaten Garut ini", jelasnya


Selain kepada Yayasan Budha Tzu Chi, Pangdam juga menyampaikan terimakasihnya kepada Satgas Kodim 0611/Garut dan Vertical Rescue Indonesia serta kepada semua pihak yang telah berinisiatif dan bekerja sama dalam membangun Jembatan Gantung Simpay Asih, hingga mulai hari ini bisa digunakan.



"Kepada warga masyarakat, terutama warga Desa Depok dan Desa Paas Kecamatan Cisompet Kabupaten Garut, saya titipkan Jembatan Gantung Simpay Asih ini, untuk dimanfaatkan sebaik mungkin serta juga dirawat dan dipelihara agar tetap kokoh berdiri dan berfungsi sebagaimana mestinya", pesan Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Nugroho Budi Wiryanto mengakhiri sambutannya. (T.Pro/Pendam III/Siliwangi)