-->

Header Menu

HARIAN 60 MENIT | BAROMETER JAWA BARAT
Cari Berita

60Menit.co.id

Advertisement


Sektor 21 Sidak 2 Pabrik Diwilayah Cimahi Selatan Guna Pastikan IPAL - nya Dikelola Dengan Benar

60menit.com
Rabu, 24 Februari 2021

Sektor 21 Sidak 2 Pabrik Diwilayah Cimahi Selatan Guna Pastikan IPAL - nya Dikelola Dengan Benar


60menit.com


60MENIT.COM, Kota Cimahi - Selasa (23/02/2021) Dansektor 21 Satgas Citarum Harum Kolonel Arm Nursamsudin melaksanakan kegiatan sidak ke sarana IPAL (Instalasi Pengolahan Air Limbah) industri penghasil limbah cair di wilayah Subsektor 14/Cimahi Selatan



Sidak (inspeksi mendadak) yang dilakukan pada hari ini, antara lain ke IPAL PT. CGN (Central Georgette Nusantara) dan PT Leuwitex yang berlokasi di Jalan Cibaligo. Pada kesempatan tersebut Dansektor Didampingi jajaran personel Sektor 21 Subsektor 13/Cimahi Selatan dan diterima oleh staf manajemen masing-masing perusahaan.


Saat di temui Dansektor 21 mengatakan," Kegiatan hari ini, kita Sektor 21 ingin melihat komitmen industri dalam rangka pengolahan limbah cairnya,yaitu si PT. CGN dan PT Leuwitex. Alhamdulillah, pengelolaan limbah cairnya sudah menggunakan IPAL dan hasilnya, saat ini limbah yang dibuang ke media lingkungan tidak menunjukkan pelanggaran (limbah dengan kondisi kotor),” ucap Kolonel Arm Nursamsudin kepada wartawan.





Ia juga menekankan kepada industri yang berpotensi membuang limbah cairnya ke aliran sungai, agar senantiasa dikelola dengan baik, sehingga tidak mengganggu ekosistem.


" Pelaku usaha atau perusahaan mendukung program pemerintah dalam menyukseskan Program Citarum Harum dengan tidak membuang limbah berbahaya, baik limbah cair maupun limbah berbahaya lainnya ke sungai", tekan Dansektor 21.


Tidak hanya menekankan, terkait dengan pengelolaan limbah, Dansektor 21 juga pada kesempatan tersebut mengajak perusahaan untuk meningkatkan kepeduliannya kepada warga masyarakat, terutama dalam hal mengatasi persoalan sampah rumah tangga



" Ya, kita juga mengajak pelaku usaha atau perusahaan untuk memiliki kepedulian terhadap lingkungan sekitar, dalam hal ini tata kelola sampah rumahan, sehingga kedepannya tercipta lingkungan yang bersih dan bebas sampah", terangnya.


Menanggapi kegiatan sidak yang dilaksanakan oleh Dansektor 21 Satgas Citarum Kolonel Arm Nursamsudin, staf manajemen PT Leuwitex, Zenzen, menyatakan apresiasinya.


"Alhamdulillah, tanggapannya cukup baik dari Dansektor 21, kondisi pengelolaan limbah berjalan cukup baik. Tadi beliau juga melakukan test pH di outlet IPAL dan mengecek visual dengan menggunakan gelas ukur, serta memeriksa kolam indikator berisi ikan koi dari effluent dalam kondisi sehat", ungkap Zenzen.



“Dansektor juga melihat hasil test rutin dari Lab LH Cimahi, sudah sesuai baku mutu,” jelasnya lagi


Dinyatakan oleh Zenzen bahwa meskipun kondisi ekonomi yang masih belum stabil akibat dampak dari pandemi Covid-19, tidak akan mengurangi kualitas pengolahan limbah.


“Komitmen kami dari PT Leuwitex tetap sama, tetap akan mengelola limbah secara optimal walaupun pada kondisi sulit seperti sekarang ini,” tutup Zenzen.(T.Pro/*)