-->

Header Menu

HARIAN 60 MENIT | BAROMETER JAWA BARAT
Cari Berita

60Menit.co.id

Advertisement


Bikin gaduh Warga, Polsek Cileunyi Polresta Bandung Tertibkan Knalpot Brong

60menit.com
Kamis, 29 April 2021
Loading...

60menit.com | Bising dan Bikin gaduh Warga Masyarakat, Polsek Cileunyi tertibkan knalpot Brong selama bulan Ramadhan.


60MENIT.com, Cileunyi | Aparat Kepolisian Sektor Cileunyi Polres Kota Bandung akan menertibkan pengguna sepeda motor yang memakai knalpot brong (bising). Penertiban ini dilakukan selama bulan Ramadhan untuk memberikan rasa nyaman kepada warga saat beribadah. Karena itulah, diharapkan kepada para remaja yang menggunakan knalpot Racing agar segera mengganti dengan knalpot standar.


“Dalam Operasi Keselamatan yang dilaksanakan di Wilayah Kecamatan Cilengkrang selama Ramadhan ini, kita lebih kepada kegiatan sosialisasi baik Prokes, Larangan Mudik dan lan sebagainya. Tapi, bila ditemukan pelanggaran yang kasat mata Akan kami beri tindakan,” ujar Kapolsek Cileunyi melalui Panit Binmas Polsek Cileunyi IPTU Deni Darsono, Kamis (29/04/2021)


Dalam kegiatan Operasi Keselamatan yang dilaksanakan selama bulan suci Ramadhan, tambahnya, petugas lebih fokus terhadap pelanggaran. Misalnya, penggunaan knalpot brong, yang tidak memakai helm, juga yang tidak mematuhi Prokes seperti tidak memakai masker saat beraktifitas diluar rumah, “Kita ingin menciptakan kenyamanan bagi masyarakat untuk beribadah dalam bulan Ramadhan, dan pencegahan penularan Covid-19,” ujar Panit Binmas


Disebutkan Kapolsek Cileunyi Kompol Wahyo, SH., selama Ramadhan pelaksanaan Patroli tetap akan dilakukan namun sekarang difokuskan pada sore hari ketika menjelang jam buka puasa. Selain itu, juga akan dilakukan patroli rutin pada malam hari untuk memberikan rasa nyaman kepada masyarakat untuk beribadah seperti saat shalat tarawih, dan tadarus.


Patroli itu, kata Kapolsek, akan dilakukan ke tempat yang pernah digunakan sebagai lokasi balapan liar oleh kalangan remaja. Karena, berdasarkan laporan masyarakat di tempat tertentu terjadi balapan liar pada malam hari atau menjelang waktu berbuka. “Kita sudah mengetahui lokasinya dan nantinya akan kita laksanakan patroli ke kawasan tersebut,” ujar Kompol Wahyo, SH.,


Sosialisasi tersebut akan terus dilakukan selama Ramadhan kepada masyarakat. Sehingga, diharapkan nantinya selama Ramadhan tidak ditemukan pelanggaran lalu lintas lagi, sehingga masyarakat dapat berkonsentrasi dalam ibadah. “Jadi penindakan yang kita lakukan adalah memberikan teguran dan bila perlu kita suruh untuk menggantinya menggunakam knalpot standar ,” katanya.


Pada kesempatan itu, Panit Binmas IPTU Deni Darsono,  mengimbau kepada anak-anak remaja maupun warga masyarakat supaya tidak ikut-ikutan dalam balapan liar. Bila mengetahui adanya balapan liar supaya segera melaporkan kepada petugas terdekat atau Polsek supaya petugas dapat segera mengambil tindakan tegas.


“Bila nantinya kita temukan ada remaja yang menggunakan knalpot brong yang masih terpasang pada sepeda motornya, kita akan panggil orang tuanya untuk dapat mengambil seleda motornya dan membinanya,” ujar Panit Binmas. Karena itulah, diharapkan kepada orang untuk dapat menjaga anak-anaknya sehingga tidak terlibat dalam balapan liar selama bulan suci Ramadhan.


(hmz)