-->

Header Menu

HARIAN 60 MENIT | BAROMETER JAWA BARAT
Cari Berita

60Menit.co.id

Advertisement


Wali Kota: Hidup Sumpek Banyak Masalah Bisa Jadi Karena Jauh Dari Alquran

60menit.com
Kamis, 22 April 2021

60menit.com | Wali Kota Bandung, Oded M. Danial.

60MENIT.com, Bandung | ALQURAN merupakan kitab suci yang diturunkan atau diwahyukan Allah SWT kepada Nabi Muhammad SAW melalui Malaikat Jibril. Hingga saat ini, mushaf tersebut kemudian menjadi pedoman hidup bagi umat muslim.


Pada momen bulan suci Ramadan dan bertepatan dengan diturunkannya Alquran ke bumi, Wali Kota Bandung, Oded M. Danial mengajak seluruh umat muslim untuk lebih mendekatkan diri kepada Allah dengan cara mencintai Alquran.

“Alquran merupakan way of life (jalan hidup) dan petunjuk hidup umat Islam,” tuturnya pada saat mengisi ceramah tarawih YPM Salman ITB secara virtual, di Rumah Dinas Pendopo Kota Bandung, Kamis (22 April 2021).

Ia menerangkan, dalam Alquran dijelaskan barang siapa yang senantiasa berpegang teguh kepada Alquran dengan cara mencintainya, maka akan mendapatkan syafaat dan perlindungan dari Allah.

“Mari kita bertadabur tentang pesan-pesan dari Allah betapa pentingnya hidup ini selalu bersama Alquran di manapun kita berada,” serunya.

Ketika seorang umat muslim mencintai Alquran dengan cara mempelajari, membaca, menghafal, bahkan sampai mengamalkannya, maka hidupnya baik. Saat di dunia maupun di akhirat nanti akan mendapat pertolongan Allah.

“Begitu banyak janji Allah. Dalam hadits juga dijelaskan dengan membaca satu huruf Alquran dia akan mendapatkan kebaikan-kebaikan. Maka di momentum Ramadan, mari bersama-sama tingkatkan kecintaan kepada Allah dalam bentuk mencintai Alquran,” ujarnya.

Tak henti-hentinya wali kota mengingatkan, umat muslim tak boleh terlena dengan kenikmatan dunia yang akhirnya membuat lupa dan abai kepada Alquran.

Ia pun teringat akan sebuah ayat di dalam Alquran, yaitu surat Thaha ayat 124. Dalam surat tersebut dijelaskan, barangsiapa yang berpaling dan jauh dari Alquran, tidak terbesit di hatinya untuk cinta Alquran, siap-siap dia akan berhadapan dengan realitas kehidupan (sumpek, sempit, sesak, dan banyak masalah).

“Ayat ini mengingatkan kita jangan sampai jauh dari Alquran. Apabila hidup kita mendapatkan kondisi sumpek dan banyak masalah, mari introspeksi diri. Jangan-jangan kita jauh dari Alquran dan terlalu disibukan dengan kehidupan dunia,” tuturnya.

“Semoga kita tidak termasuk orang yang menyesal karena di dunia kita melupakan Alquran,” tambahnya.




(zho)