-->

Header Menu

HARIAN 60 MENIT | BAROMETER JAWA BARAT
Cari Berita

60Menit.co.id

Advertisement


Satgas Citarum Harum Sektor 7 Sub Bojongmalaka Bersama Warga Tanam Vertiver Di Bantaran Sungai Citarum

60menit.com
Kamis, 10 Juni 2021
Loading...

Satgas Citarum Harum Sektor 7 Sub Bojongmalaka Bersama Warga Tanam Vertiver Di Bantaran Sungai Citarum


60menit.com


60MENIT.COM, Kab.Bandung - Kamis (10/06/2021) Tanaman Vetiver merupakan sejenis rumput dari India, termasuk dalam famili Poaceae dan sekeluarga dengan sereh atau padi. Sekalipun berjenis rumput, vetiver memiliki akar yang menghujam hingga kedalaman 2 - 2,5 Meter. Kalau tiga tahun akarnya bisa sampai 3 meter. Vetiver menjadi pilihan terbaik untuk ditanam di lahan bekas hak guna usaha (HGU) yang telah digunduli, tanpa reboisasi. Menanam vetiver atau yang biasa disebut akar wangi adalah untuk mencegah agar tanah tidak terjadi longsor.



Dipimpin Serda Bagyo selaku Dansub Bojongmalaka, bersama masyarakat khususnya warga RW. 7 Kampung Ciodeng Desa Bojongmalaka Kecamatan Baleendah Kabupaten Bandung melaksanakan kegiatan penanaman vetiver di bantaran Sungai Citarum


Sekitar 20 orang dari warga, bersama sama anggota Sub Bojongmalaka dengan antusias dan semangat, menanam vetiver di bantaran Sungai Citarum wilayah kampungnya sendiri. Mereka bangga bisa ikut ambil bagian dalam penanaman vetiver ini. 



Pada kesempatan tersebut Dansektor 7 Satgas Citarum Kolonel Inf Jefson Marisano menyampaikan, " saya selalu memerintahkan kepada jajaran, agar para Dansub Sektor terus mensosialisasikan Program Citarum Harum di wilayahnya masing-masing. Kita menjaga Alam, maka Alam akan menjaga kita. Hal tersebut  merupakan bagian dari program Citarum Harum, yakni dengan menanam vetiver di sepanjang bantaran Sungai Citarum agar tidak longsor serta mengurangi adanya sedimentasi", terangnya


Adapun bibit vetiver, lanjut Dansektor, di dapat dari tanaman vetiver yang sudah ada tertanam sebelumnya pada tahun 2020. Dari bibit vetiver itulah, diambil dengan akar-akarnya kurang lebih sejumlah 200 bibit vetiver, kemudian ditanam lagi disepanjang bantaran Sungai Citarum. 


" Sebagian besar masyarakat khususnya warga sekitar bantaran, mendapatkan bimbingan teknis bagaimana cara penanaman bibit vetiver ini agar dapat tumbuh subur dan sebagian lagi melakukan pemangkasan vetiver yang sudah ada agar kelihatan rapih, " terang Dansektor 7 Kolonel Inf Jefson Marisano. (T.Pro/Pendam III/Siliwangi).