-->

Header Menu

HARIAN 60 MENIT | BAROMETER JAWA BARAT
Cari Berita

60Menit.co.id

Advertisement


Terjadinya Kebakaran Di Kantor Dinas PUPRKP Pangandaran Di Duga Ada Unsur Kelalaian

60menit.com
Senin, 21 Juni 2021
Loading...

Terjadinya Kebakaran Di Kantor Dinas PUPRKP Pangandaran Di Duga Ada Unsur Kelalaian


60menit.com


60MENIT.COM, Pangandaran - Kantor Pekerjaan Umum, Tata Ruang, Perumahan Rakyat, Dan Kawasan Pemukiman (PUTRPRKP) dilalap "si jago merah" yang terletak di Dusun Karang Benda RT. 001 RW. 002 Desa Karang Benda Kecamatan Parigi Kabupaten Pangandaran, tepatnya depan Koramil 1321/Parigi  Minggu, 20 Juni 2021 sekitar pukul 16.00 WIB.



Musibah ini diduga karena konsleting listrik. Saksi saksi dalam peristiwa tersebut antara lain Serka Iwa, (45) tahun Anggota Koramil 1321/Parigi dan Asep Kasih Sanjay (43) kepala Desa Karang Benda


Hari Setiawan (18) Warga Dusun Karang Benda menceritakan Kronologis kejadian kebakaran yang terjadi sekitar pukul 16.00 Wib. Anggota Koramil 1321/Parigi yang sedang melaksanakan piket ikut melihat terjadinya kebakaran kantor Dinas PUTRPRKP Kabupaten Pangandaran yang berasal dari ruang kantor bidang cipta karya.


Setelah para saksi melihat kepulan asap di kantor dinas PUTRPRKP Kabupaten Pangandaran, saksi saksi langsung melaksanakan koordinasi dengan pihak BPBD dan DAMKAR Kabupaten Pangandaran. Dan pada pukul 16.15 wib, 2 Unit Damkar dan 1 Unit Tanki BPBD Kabupaten  Pangandaran tiba di lokasi kejadian dan langsung memadamkan titik api yang berada di kantor bagian cipta karya dengan dibantu oleh Anggota Koramil, Polsek parigi serta warga sekitar sekaligus membantu mengeluarkan barang-barang dan dokumen yang belum terbakar


Pada Pukul 17.00 Wib, Api sudah bisa di padamkan di lanjutkan pendinginan. Sedangkan langkah dan tidakan yang diambil dalam kejadian tersebut. Anggota Koramil dan Polsek parigi serta Warga sekitar membantu petugas pemadam kebakaran Kabupaten Pangandaran dalam upaya memadamkan api serta mengamankan dokumen yang masih bisa di selamatkan dari kobaran api.


Pada kesempatan yang sama, Komandan Regu Pos Wilayah II Damkar Kabupaten Pangandaran Billy mengaku ada kesulitan saat melakukan pemadaman, dikarenakan ruangannya yang tertutup.


Selain itu menurut Billy kami kekurangan alat pelindung diri (APD), seperti gas dan Masker, sehingga dua orang personil harus di evakuasi ke Puskesmas terdekat karena mengalami sesak napas. Ke 3 orang petugas Damkar tersebut ( Wiendi, Rudi dan Gin-gin) yang dibawa ke IGD Puskesmas Parigi karena kekurangan oksigen waktu penanganan kebakaran. 


Dalam pantauan awak media, Anggota Polsek dan anggota Koramil Parigi memasang policeline untuk penyelidikan lebih lanjut. Diperkiraan Kerugian dari kejadian tersebut Dokumen-dokumen penting sebagian terbakar, Barang elektronik ikut terbakar dan Kerugian materil belum bisa ditaksir.


Dari kejadian tersebut terpantau kurangnya keamanan, karena tidak ada nya satpam yang berjaga di kantor dinas PUPR, Kabupaten Pangandaran, karena ada pengurangan pegawai dan situasi sedang hari libur.


Untuk saat ini pihak kepolisian sektor Parigi lanjut melakukan penyelidikan mengantisipasi kebakaran kantor dinas PUPR. Dan ada dugaan terjadi unsur kesengajaan, dikarenakan ada yang ganjil seperti tidak di temukannya Hardis Cctv, dan ada satu yunit motor Beat warna merah No pol, Z 2251 MC terparkir didepan Kantor PUTRPRKP. Diduga kuat milik orang yang belum di ketahui pemiliknya ungkapnya.


Ditempat terpisah,senin (21/06/21) Ketua WN88 Kab. Pangandaran menyayangkan insiden kebakaran kantor PUPR atas lemahnya keamanan dan kurangnya pegawai,"disaat libur tak ada yang piket dan satpam yang bertugas saya menghimbau untuk mengusut tuntas penyebab kebakaran dan apabila ada kelalaian dan unsur kesengajaan tindak tegas dan proses sesuai hukum yang berlaku,"harapnya (T.Pro/P.Seprudin,DNNTV)