-->

Header Menu

HARIAN 60 MENIT | BAROMETER JAWA BARAT
Cari Berita

60Menit.co.id

Advertisement


Danrindam III/Siliwangi Buka Kegiatan Peningkatan Kemampuan Teritorial Bintara Abit Dikjurba Otsus TNI AD

60menit.com
Rabu, 21 Juli 2021

Danrindam III/Siliwangi Buka Kegiatan Peningkatan Kemampuan Teritorial Bintara Abit Dikjurba Otsus TNI AD


60menit.com


60MENIT, Bihbul - Danrindam III/Siliwangi Kolonel Inf Tri Haksoro membuka kegiatan Peningkatan Kemampuan Teritorial Bintara Abituren Pendidikan Kejuruan Bintara (Dikjurba) Otsus TNI AD TA. 2021 bertempat di Aula Jenderal Sudirman Secaba Rindam III/Siliwangi Bihbul Kab. Bandung, Rabu (21/7/2021).




Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Nugroho Budi Wiryanto pada sambutannya yang dibacakan oleh Danrindam III/Slw Kolonel Inf Tri Haksoro menyampaikan, selamat kepada para Bintara Otsus TNI AD yang telah berhasil menyelesaikan Pendidikan Pertama Bintara (Dikmaba) dan Pendidikan Kejuruan Bintara (Dikjurba).


Lebih lanjut dikatakan Pangdam, " keberhasilan itu telah mengantarkan kalian menjadi Prajurit TNI AD untuk mengabdikan diri kepada Bangsa dan negara dalam menjaga kedaulatan NKRI. Sebelum melaksanakan tugas di Satkowil Kodam XVIII/Kasuari Papua Barat, kalian harus mengikuti kegiatan peningkatan kemampuan teritorial di Secaba Rindam III/Slw".



"Kegiatan peningkatan kemampuan teritorial ini merupakan program Angkatan Darat yang diberikan kepada para Bintara Otsus TNI AD yang telah menyelesaikan Dikjurba sebelum mengemban tugas di Satkowil Kodam XVIII/Kasuari," jelas Pangdam.


Dalam peningkatan kemampuan teritorial ini titik fokusnya penekanan tentang peningkatan penguasaan tugas pembinaan teritorial, peningkatan wawasan kebangsaan dan peningkatan nasionalisme. 


Disisi lain, pembinaan teritorial merupakan salah satu tugas penting dan strategis untuk menciptakan ruang, alat dan kondisi juang yang tangguh bagi pertahanan wilayah darat untuk kepentingan pembangunan nasional serta menciptakan kemanunggalan TNI dengan rakyat.



Menurut Pangdam," sebagai prajurit yang akan memulai tugas di lingkungan TNI AD, kalian harus menjadi pelopor dan teladan dalam meningkatkan wawasan kebangsaan dan semangat nasionalisme di wilayah Kodam XVIII/Kasuari Papua Barat".


Dalam melaksanakan tugas, Bintara harus mampu menjadi katalisator yang bisa menguatkan persatuan dan kesatuan bangsa, sekaligus dinamisator yang bisa membuka kesadaran masyarakat untuk berpartisipasi terhadap program pembangunan nasional didaerah demi meningkatkan kualitas kesejahteraan masyarakat.


"Agar tugas pembinaan teritorial dapat berhasil, maka kegiatan peningkatan kemampuan teritorial ini diikuti dengan serius, disiplin dan penuh semangat. Ikuti perintah, petunjuk dari para pelatih dan Gumil dengan tetap menjaga kesehatan serta menjaga kesehatan tetap mentaati protokol kesehatan,"pungkas Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Nugroho Budi Wiryanto. (T.Pro/Pendam III/Siliwangi).