-->

Header Menu

HARIAN 60 MENIT | BAROMETER JAWA BARAT
Cari Berita

60Menit.co.id

Advertisement


Pempdaprov Jabar Tempatkan LO di Garut Tangani Covid-19

60menit.com
Kamis, 08 Juli 2021
Loading...

Pempdaprov Jabar Tempatkan LO di Garut Tangani Covid-19


60menit.com - Bupati Garut Rudy Gunawan saat menerima kunker dari Komite Kebijakan Penanganan Covid-19 dan pemulihan Ekonomi Daerah Provinsi Jabar di ruang Pemengkang, Kecamatan Garut Kota Kabupaten Garut 


60MENIT.COM, Kabupaten Garut - Bupati Garut, Rudy Gunawan menerima kunjungan kerja dari Komite Kebijakan Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Daerah Provinsi Jawa Barat di Ruang Pamengkang, Kecamatan Garut Kota, Kabupaten Garut, Kamis (8/7/2021).



Bupati Garut menerangkan, ditunjuk Liaison officer (LO) bertugas melakukan supervisi atau pendampingan bagi pelaksanaan penanganan Covdi-19 di Kabupaten Garut sesuai dengan arahan Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil. “Ini adalah LO dari Provinsi Jawa Barat, yang melakukan supervisi atau pendampingan bagi pelaksanaan penanganan Covdi-19, bukan (hanya) terhadap PPKM Darurat, tapi penanganan Covid-19 secara keseluruhan, beliau yang memberikan guidance kepada kita, termasuk diantaranya kekurangan-kerungan yang mungkin terjadi di Garut, itu di backup oleh Pak Gubernur,” kata Bupati Garut.


Rudy mengatakan, pihaknya menyediakan gudang oksigen di mana bantuan cadangan tabung oksigen dari Provinsi Jawa Barat akan dikirimkan sesuai yang dibutuhkan oleh rumah sakit ataupun puskesmas di Kabupaten Garut.


“Nah ini akan digunakan sebagai gudang oksigen, yang dimaksud dengan gudang oksigen ini adalah oksigen yang diberikan bantuan dari Provinsi Jawa Barat untuk membackup oksigen yang sudah ada. Jadi tetap aja rumah sakit beli oksigen sesuai dengan kontrak. Misalnya sekarang puskesmas mana yang kurang kami akan kirim, maka kami akan kirim dari pendopo ini oleh truk pendopo kemana, jadi kami menerima dari provinsi kekurangannya itu kita administrasikan disini dari Satgas Covid-19,” kata Rudy.


Menurut Rudy, untuk tahap awal pihaknya akan menerima sekitar seribu tabung oksigen dari Pemerintah Provinsi Jawa  Barat. “Ini akan datang dalam tiga atau empat hari kedepan, di sini kita mungkin Pak Gubernur ingin membackup sekitar seribu tabung dulu, seribu tabung ini cukup untuk dua sampai tiga hari backup. Karena sekarang ini, rumah sakit yang Covid memerlukan kurang lebih sekitar 300 tabung perhari,” ujarnya.


Sementara itu, Kepala Biro Perekonomian Sekretariat Provinsi Daerah Jawa Barat, Benny Bachtiar mengatakan tugas dari LO di Kabupaten Garut salah satunya adalah memantau pendistribusian oksigen yang dibutuhkan di Kabupaten Garut.


“Kami ini ditugaskan oleh Pak Gubernur untuk menjadi LO di Kabupaten Garut, salah satu tugas kita adalah pemantauan vaksinasi, dan sekarang itu terutama adalah dengan oksigen dan PPKM, sampai sejauh mana PPKM dilaksanakan di Kabupaten Garut,” katanya.


Ia menerangkan, pihaknya sudah mendirikan posko yang akan memberikan update data terkait ketersediaan oksigen di Jawa Barat," Kami sudah ada posko berdasarkan Kepgub (Keputusan Gubernur), posko mengenai oksigen, dan tiap hari ini kami rapat mengenai ketersediaan oksigen di Jawa Barat, dan kita update terus, Nah ini update-update ini sangat penting sekali buat kami, sebagai dasar kami untuk mendistribusikan oksigen ke kabupaten kota di Jawa Barat, termasuk di Kabupaten Garut," pungkasnya.(T.P/Wahyu)