-->

Header Menu

HARIAN 60 MENIT | BAROMETER JAWA BARAT
Cari Berita

60Menit.co.id

Advertisement


Buka Pelatihan Internal, Kapolda NTB Beri Motivasi Satker Kehumasan

Rabu, 22 September 2021
Loading...

60MENIT.COM, Lombok Barat – Dalam menjalankan tugas dan fungsi kehumasan, personel yang menjadi bagian dari satuan kerja (satker) hubungan masyarakat (humas) harus “happy and enjoy”. Demikian diungkapkan Kapolda NTB Irjen Pol. Mohammad Iqbal, S.I.K., M.H., Rabu (22/9/2021), saat membuka Pelatihan Peningkatan Kemampuan Bidang Kehumasan Polda NTB, di Ball Room Hotel Aruna, Senggigi, Lombok Barat.

“Dalam menjalankan tugas dan fungsi humas, saudara-saudara harus mengedepankan happy and enjoy. Bidang humas itu merupakan satker yang paling strategis, juga ujung tombak sebuah institusi,” kata M. Iqbal.

Dalam pelatihan yang mengusung tema “Melalui Peningkatan Kemampuan Fungsi Humas Kita Optimalkan Manajemen Media yang Prediktif, Responsibilitas dan Transparansi Berkeadilan” tersebut, mantan Kadiv Humas Polri itu menegaskan bahwa fungsi kehumasan mampu membentuk opini publik.

“Kalau kerja humas itu baik, maka opini publik pun akan positif. Artinya, positif atau negatifnya sebuah institusi bisa dibentuk oleh kerja humas. Karenanya sangat urgen kalau kemampuan bidang humas ditingkatkan,” tandas M. Iqbal.

“Terima kasih Pak Kabid Humas Kombes Artanto yang telah menginisiasi kegiatan pelatihan ini,” imbuhnya.

Dalam kesempatan itu, Jenderal Polri bintang dua tersebut sedikit menuturkan pengalamannya di bidang humas, saat menjabat Kabid Humas Polda Metro Jaya hingga Kadiv Humas Polri, mulai penanganan kasus kopi “Mirna” sianida hingga kasus bom Sarinah.

Sebelumnya, Kabid Humas Polda NTB Kombes Pol. Artanto, S.I.K., M.Si. menyampaikan, pelatihan peningkatan kemampuan bidang humas itu akan dilaksanakan selama dua hari, diikuti 40 peserta di antaranya operator masing-masing satker lingkup Polda NTB dan Seksi Humas Polres jajaran se-NTB.

“Materi-materi yang akan diberikan merupakan materi fungsi kehumasan, dimana instruktur atau narasumber kami hadirkan baik dari internal dan eksternal, salah satu dari pihak eksternal adalah saudara Khairul Amin dari Surabaya, Jawa Timur,” kata Artanto.

Kabid Humas juga melaporkan bahwa materi yang akan disajikan (diberikan) antara lain pembuatan narasi berita (release), fotografi, videografi, infografis, dan lain-lain. 
(Taupik)