-->

Header Menu

HARIAN 60 MENIT | BAROMETER JAWA BARAT
Cari Berita

60Menit.co.id

Advertisement


Jalin Sinergitas, Kapolres Sumbawa Silahturahmi Kamtibmas Dengan Para Tokoh Sumbawa

Jumat, 03 September 2021
Loading...

60MENIT.COM, Sumbawa - Kapolres Sumbawa AKBP Esty Setyo Nogroho, S.IK. melaksanakan silaturahmi kamtibmas dengan ketua dan Forum Komunikasi Lintas Etnis (FKLE) serta seluruh tokoh masyarakat menjalin sinergitas dalam rangka kebersamaan memelihara kamtibmas yang kondusif di wilayah Kabupaten Sumbawa, jum at (2/9/2021) malam.

Kegiatan tersebut dihadiri, Kapolres Sumbawa AKBP Esty Setyo Nugroho, S.IK, Dandim 1607 Sumbawa Letkol Kav. Rudi Kurniawan, S.Sos. M.Tr (Han), Waka Polres Sumbawa Kompol Rafles P. Girsang, S.IK. Kepala Jasa Raharja Ayudi Darmawan, SE. MM. Kepala BPN Subhan, Kepala PMD Kab. Sbw Varian Bintoro, Kasat Intelkam Polres Sumbawa Dozer Trisatria Armada, S.T.K. S.I.K., Ketua FKLE Kab. Sbw sekaligus Ketua Etnis Tiong Hoa Bpk Agus Herianto, SE., Ketua Etnis Sumbawa Bpk Denny Wardhana, Ketua Etnis Sasak Bpk H. Bardin, Ketua Etnis KKSS Bpk Refi. S., Ketua PFMF Bpk David Maru, Ketua Etnis Jawa Bpk Anshori, Ketua Etnis Arab Bpk Fahri Bahanan, Ketua Etnis Bali I Wyn Suarya Dala, Ketua Etnis Sunda Bpk Jejen Hudori, Ketua Etnis Madura Bpk H. Jurnawi, Ketua Etnis Mandar Bpk A. Rahman, Ketua Etnis Bima Bpk Amiruddin, Ketua Etnis Batak Saroha Bpk Hendri Sitorus, Sesepuh FKLE Bpk Drs. H. Syaifullah Karim, Sekjen Lats Bpk Haris Zulkarnaen, Ketua Moge Kab.Sbw Bpk Iwan Rantak. 

Dalam giat silaturahmi, Kadis PMD Kab. Sumbawa mengucapkan selamat datang dan terima kasih kepada Bapak Kapolres Sumbawa yang telah menyempatkan waktunya mengunjungi kami, ucapnya.

Sambungnya, kegiatan ini memang sudah menjadi tradisi, yang mana tidak lain untuk menjalin tali silahturahmi antara Kapolres Sumbawa yang baru dengan seluruh masyarakat yang tergabung dalam FKLE Kab. Sumbawa, agar dapat terjalinnya tali silahturahmi yang baik dan bersama-sama menjaga keamanan, demi kemajuan serta kerukunan antar etnis yang ada di wilayah Kab. Sumbawa.

Varian juga menjelaskan bahwa Sumbawa merupakan tanah intan bulaeng yang artinya tanah emas dan permata, yang mana tanah Sumbawa ini semoga mampu membsrikan kedamaian dan kehidupan bagi masyarakat yang tinggal diatasnya.

Dirinya berharap, agar kegiatan seperti ini tetap selalu terjaga, karena begitu penting demi terciptanya kerukunan dan ketertiban antar etnis, pintanya.

Kapolres Sumbawa AKBP Esty Setyo Nugroho, S.IK. mengatakan saya melihat malam ini sebagai bukti, bahwa di Kab. Sumbawa memang hidup berbagai macam etnis dan semuanya hidup dalam kerukunan dimana hal itu, terlihat dengan kehadiran para tokoh tanpa ada jarak dan sekat, ucapnya.

Lanjut AKBP Esty, Ia mohon bimbingan dan ditegur apabila dalam pelaksanaan tugasnya ke depan di wilayah Kab. Sumbawa, ada yang salah atau keliru, Esty berharap kedepannya pertemuan seperti ini dapat terlaksana secara intens baik secara formal maupun non formal, tuturnya.

AKBP Esty mengucapkan terima kasih, karena diberi kesempatan untuk memperkenalkan diri dan pertemuan malam ini, Ia anggap sebagai bentuk bahwa dirinya dapat diterima  oleh masyarakat Kabupaten Sumbawa, ujarnya.

Lebih lanjut, Ia sampaikan adapun yang menjadi niatnya kedepan dimanapun bertugas, semoga Dirinya dan institusi yang dipimpinnya dapat berguna dan bermanfaat bagi masyarakat serta insya Allah, Ia tetap diberi kekuatan untuk selalu amanah.

Perwakilan dari FKLE Kab. Sumbawa Bpk Drs. H. Syaifullah Karim (Camat Polun) menyampaikan bahwa NKRI merupakan suatu bentuk kontrak sosial kita sebagai anak bangsa yang harus kita jaga secara bersama-sama tanpa harus memandang perbedaan Suku, Agama Ras dan Budaya (SARA), ujarnya.

Forum Komunikasi Lintas Etnis harus dikukuhkan pinta H. Syaifullah, karena merupakan ikatan yang sangat mendasar agar kerukunan di Tana Samawa ini dapat tetap terjaga seperti keutuhan Pancasila dan NKRI.

Pada kesempatan malam ini, Drs. H. Syaifullah atas nama dari Forum Komunikasi Lintas Etnis secara resmi menerima kehadiran bapak Kapolres menjadi warga Tau Tana Samawa, 

Sesepuh FKLE menilai, dibawah kepemimpinan Kapolres Kapolres muda Institusi Kepolisian semakin hari semakin bermasyarakat, hang mana Polisi sangat dibutuhkan masyarakat serta harapnya silahturahmi seperti ini tetap terjalin, ucapnya.

H. Syaifullah berharap, semoga Kapolres Sumbawa yang datang dan hadir di Tana Samawa hari ini mampu memberikan kesejukan dan kesan yang baik kepada masyarakat Tau dan Tana Samawa, harapnya.
(Taupik)