-->

Header Menu

HARIAN 60 MENIT | BAROMETER JAWA BARAT
Cari Berita

60Menit.co.id

Advertisement


Do'a Untuk Negeri, Bentuk Penghormatan Kepada Pahlawan

60menit.com
Kamis, 16 Desember 2021

Do'a Untuk Negeri, Bentuk Penghormatan Kepada Pahlawan


60menit.com

60MENIT.COM, Ciamis - Pangdam III/Slw Mayjen TNI Agus Subiyanto, S.E., M.Si, yang didampingi Kasdam III/Slw, Irdam III/Slw, Kapok Sahli Pangdam III/Slw, Danrem 062/TN, para Asisten Kasdam III/Slw, para Kabalakdam III/Slw, Dandeninteldam III/Slw, Dandim 0613/Ciamis, para Veteran, anak yatim dan melibatkan FKUB wilayah Kab/Provinsi mengikuti acara Do’a Bersama dalam rangka Hari Juang TNI Angkatan Darat Tahun Anggaran 2021. Do'a Bersama berlangsung di Aula Makodim 0613/Ciamis, Jawa Barat, pada Rabu. (15/12/2021).



Kegiatan yang bertemakan “Do’a Untuk Negeri” kali ini dilaksanakan melalui zoom meeting yang dipimpin langsung oleh Kasad Jenderal TNI Dudung Abdurachman dari Mabesad, Jakarta.


Dalam sambutannya mengatakan, Do’a Bersama ini sebagai ungkapan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa serta kesempatan untuk mengenang kembali sejarah perjuangan TNI AD, yakni peristiwa pertempuran Ambarawa sebagai tonggak sejarah peringatan Hari Juang TNI AD.



"Serta bentuk penghormatan kepada Pahlawan dan pendahulu kita dalam perjuanganya terhadap bangsa dan negara," terangnya.


Lanjutnya menerangkan, peristiwa Palagan Ambarawa tanggal 15 Desember 1945 dipilih sebagai momen Hari Juang TNI AD bukan hanya didasarkan pada kemenangan gemilang yang diraih para pejuang saat itu, tetapi lebih dari itu.


Peristiwa Palagan Ambarawa merepresentasikan betapa pentingnya keterpaduan dan semangat juang dari seluruh komponen bangsa untuk bersama-sama menghadapi tantangan berat yang menghadang di depan kita. 



Sehingga kata Kasad, peristiwa tersebut juga menunjukkan bahwa TNI AD tidak pernah berjuang sendiri. Sejarah membuktikan bahwa hanya bersama rakyat dan dengan dukungan dari seluruh komponen bangsa TNI AD akan kuat dan mampu menjalankan tugas-tugasnya dengan baik.


Peringatan hari Juang TNI AD ini merupakan momentum untuk intropeksi diri, untuk mengevaluasi perjalanan panjang, yang telah dilalui sekaligus menetapkan komitmen untuk melakukan yang lebih baik di masa depan dalam melestarikan tradisi Angkatan Darat dalam rangka meningkatkan motivasi semangat jiwa kejuangan serta nasionalisme dan patriotisme dalam melaksanakan tugas dan tantangan ke depan.


"Perkembangan dan perubahan spektrum ancaman menuntut prajurit TNI memiliki karakter integritas dan moral dengan dilandasi oleh nilai-nilai perjuangan para Pahlwan Bangsa. Beragam peristiwa yang telah terjadi di negeri ini telah menimbulkan luka dan kesedihan yang mendalam, diantaranya pandemi Covid- 19 beserta dampak sosial maupun ekonomi, musibah bencana alam, isu separatisme Papua, ujaran kebencian atau hoax atau berita bohong yang mengaitkan isu sara," papar Kasad.


Sementara itu, Pangdam III/Slw, Mayjen TNI Agus Subiyanto, usai mengikuti acara Do’a Bersama melalui zoom meeting mengatakan, bertepatan dengan hari juang TNI AD dimana ada beberapa kegiatan yang dilaksanakan Kodam seperti, Do`a Bersama Untuk Negeri yang melibatkan FKUB wilayah Kab/Provinsi, tokoh masyarakat, juga Anak Yatim yang sama-sama mendo'akan agar Indonesia bisa terbebas dari pandemi Covid- 19 agar bisa melaksanakan tugas yang diemban oleh negara kepada TNI AD.


Selain mewakili Bapak Kasad menyerahkan santunan renovasi rumah layak huni untuk Veteran TNI AD, kata Pangdam, Kodam juga memberikan bantuan renovasi rumah tidak layak huni kepada Veteran yang diberikan secara langsung kepada penerimanya.


“Saya sekarang berada di Ciamis, sedang melaksanakan safari vaksinasi yang diawali wilayah Ciwedey Bandung, Cidaun Cianjur, Pameungpeuk Garut, Cikalong Tasimalaya, Cijulang Pangandaran, hingga sekarang ada di Kodim 0613/Ciamis,” ujarnya.


Pada peringatan Hari Juang TNI AD kali ini juga, “Saya mewakili untuk menyerahkan bantuan dari Bapak Kasad, berupa renovasi rumah layak huni kepada Veteran TNI AD, serta santunan kepada para anak yatim,” tandas Pangdam III/Slw Mayjen TNI Agus Subiyanto. (T.Pro/Pendam III/Siliwangi).